Walau Secara Virtual, Upacara Hari Kesaktian Pancasila diikuti Secara Khidmat di Kemenag Agam

Walau Secara Virtual, Upacara Hari Kesaktian Pancasila diikuti Secara Khidmat di Kemenag Agam
Walau Secara Virtual, Upacara Hari Kesaktian Pancasila diikuti Secara Khidmat di Kemenag Agam

Agam, Humas--Tanggal 1 Oktober 1965 merupakan momen bersejarah bagi bangsa Indonesia. Pada 1 Oktober 1965 pemberontakan G30S PKI yang bertujuan merongrong pemerintahan yang sah serta mengganti Ideologi negara dari Pancasila menjadi ideologi yang lain berhasil digagalkan. Untuk memperkuat kecintaan terhadap Pancasila serta mengenang tragedi pahit yang merongrong pemerintahan dan Pancasila maka diperingati setiap 1 Oktober sebagai Hari Kesaktian Pancasila di seluruh Indonesia.

Dalam situasi dunia yang masih diselimuti wabah Covid-19, peringatan hari kesaktian pancasila yang biasanya digelar dalam bentuk upacara bendera di lapangan terbuka di seluruh Indonesia kini menyesuaikan dengan protokol kesehatan pencegahan penyebaran Covid-19.

Untuk kementerian Agama hanya di tingkat pusat dan pejabat tertentu yang mengikuti upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila di Monumen Pancasila Sakti. Sedangkan di daerah, mulai dari Kantor Wilayah hingga Madrasah dan Perguruan Tinggi mengikuti upacara secara Virtual dari kantor masing-masing.

Di Kantor Kemenag Agam Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila dilaksanakan di Aula Kantor Setempat (1/10). Kakan Kemenag Agam H. Edy Oktafiandi hadir mengenakan seragam PSL beserta para Pejabat Pengawas Esselon IV di Lingkungan Kantor Kemenag Agam yang mengenakan seragam KORPRI lengkap mengikuti upacara secara Virtual yang ditayangkan melalui layar.

Walau mengikuti upacara secara Virtual namun seluruh peserta upacara di Aula Kantor Kemenag Agam mengikutinya dengan penuh Khidmat dan serius. Tidak lupa protokol kesehatan pencegahan penyebaran Covid-19 diterapkan secara ketat dan disiplin. Alwi|DW