Ujian Psikotes akhiri Rangkaian Ujian CPNS Formasi 2019

Ujian Psikotes akhiri Rangkaian Ujian CPNS Formasi 2019

Padang, Humas -- Pelaksanaan Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) CPNS Kemenag Sumatera Barat formasi 2019 untuk tahapan ujian psikotes berjalan lancar dan telah berakhir hari ini Sabtu (3/10/2020) pukul 15.00 WIB. Ujian yang dilaksanakan online dan serentak se-Indonesia yang dibagi jadi dua sesi, Alhamdulillah berjalan lancar, walau pada jadwal pertama, tanggal 18 September 2020 sempat mengalami kendala dan diundur menjadi hari ini.

Aturan yang diterapkan untuk peserta SKB telah hadir 120 menit sebelum ujian, serta tetap menggunakan masker dan menjaga protokol kesehatan selama berada di lokasi SKB Psikotes. Anjuran ini yang harus diingat oleh setiap peserta dan jauh-jauh hari sudah kita ingatkan,

Untuk Wilayah Barat ujian dilaksanakan sesi kedua yakni pukul 13.00 hingga pukul 14.30 Pelaksanaan SKB CPNS Kemenag Sumatera Barat dilakukan secara transparan dan akuntabel. Dengan berakhirnya ujian psikotes ini maka berakhir segala rangkaian ujian seleksi masuk bagi CPNS Formasi 2019.

Kementerian Agama telah menyiapkan sistem aplikasi, kepanitiaan serta pengawasan sejak awal untuk memastikan pelaksanaan SKB berjalan dengan akuntabel dan transparan, harapannya sistem ini akan menghasilkan  lulusan calon-calon PNS terbaik yang siap mengabdi untuk Kementerian Agama.

Menurut Panitia untuk psikotes, dari 116 peserta CPNS Kanwil Kemenag Sumbar yang dijadwalkan mengikuti psikotes, 3 di antaranya tidak hadir. 

Pelaksanaan SKB Psikotes di ibukota Provinsi Sumatera Barat dipusatkan empat titik lokasi yakni MTsN 6 Padang, MIN Gunung Pangilun, MAN 2 Gunung Pangilun dan Balai Diklat Keagmaan (BDK) Padang.

Sebagai informasi, SKB CPNS Kanwil Kemenag Sumatera Barat dilaksanakan di 23 titik yang tersebar di 19 kabupaten/kota di Sumatera Barat. Total peserta yang mengikuti SKB berjumlah 116 orang. Mereka akan memperebutkan 40 formasi.

Pelaksanaan SKB tahun ini dimulai 14-22 September dan 3 Oktober 2020. Ada 3 tahapan SKB yang harus diikuti oleh para peserta di antaranya, praktek kerja, psikotes, dan wawancara. Dan akhir Oktober 2020 ini hasil CPNS Formasi 2019 akan diumumkan. (Mira)