Perdana di Sumatera, XL Axiata Tbk Bantu PJJ Madrasah se Sumbar

Perdana di Sumatera, XL Axiata Tbk Bantu PJJ Madrasah se Sumbar
Perdana di Sumatera, XL Axiata Tbk Bantu PJJ Madrasah se Sumbar
Perdana di Sumatera, XL Axiata Tbk Bantu PJJ Madrasah se Sumbar

Padang, Humas--Pandemi Covid 19 yang melanda Negara Indonesia mengakibatkan satuan pendidikan termasuk madrasah, baik jenjang RA, MI, MTs dan MA yang berada di zona oranye dan merah, dilarang melakukan proses pembelajaran tatap muka di satuan pendidikan dan diwajibkan melakukan kegiatan Belajar Dari Rumah (BDR)  atau Belajar Jarak Jauh.

Sistem pembelajaran virtual atau BDR  yang dilaksanakan dalam  bentuk Dalam Jaringan (Daring) atau Luar Jaringan (Luring), tentu saja memerlukan sarana prasarana yang mendukung demi kelancaran proses belajar mengajar jarak jauh ini. Salah satunya adalah ketersediaan paket Internet baik bagi pendidik (Guru) maupun peserta didik (Siswa).

Mempertimbangkan hal tersebut, sebagai wujud peduli pendidikan maka PT. XL Axiata Tbk. melakukan kerjasama dengan Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sumatera Barat dalam bentuk bantuan kartu perdana internet gratis kepada siswa dan guru madrasah se Sumatera Barat.

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sumatera Barat, H. Hendri didampingi Kepala Bidang Pendidikan Madrasah Kanwil Kemenag Sumbar, H. Syamsul Arifin saat memberikan arahan dalam acara penyerahan secara simbolis kartu perdana gratis tersebut mengucapkan terimakasih dan apresiasi kepada pihak PT. XL Axiata Tbk. berkolaborasi dengan Asosiasi Diskominfo Provinsi Seluruh Indonesia (ASKOMPSI) atas bantuan kartu perdananya sebagai wujud peduli pendidikan dimasa pandemic ini.

Lebih lanjut disampaikan Kakanwil, “ini ibarat penyejuk dikala panas, disaat proses pembelajaran jarak jauh dengan kendala keterbatasan ekonomi membeli paket internet, pihak XL berkolaborasi dengan ASKOMPSI hadir memberi bantuan kartu internet gratis kepada siswa dan guru madrasah se Sumatera Barat.”

“Harapan kami adalah kerjasama Direktorat Kurikulum Sarana Kelembagaan dan Kesiswaan (KSKK) Madrasah dengan PT. XL Axiata Tbk. yang berkolaborasi dengan Asosiasi Diskominfo Provinsi Seluruh Indonesia (ASKOMPSI) ini dapat berjalan maksimal di lingkungan madrasah se Sumatera Barat. Di samping mampu membantu siswa madrasah diharapkan juga dapat meringankan guru-guru yang ada di madrasah,” harap Kakanwil.

Terakhir Kakanwil Kemenag Sumbar juga mengapresiasi Bidang Pendidikan Madrasah Kanwil Kemenag Sumbar yang bergerak cepat dalam menindaklajuti kerjasama dengan PT. XL Axiata sehingga bisa cepat merealisasikan bantuan ini kepada pihak madrasah.

Dalam kesempatan yang sama Kepala Bidang Pendidikan Madrasah Kanwil Kemenag Sumbar, H. Syamsul Arifin menyampaikan semoga dengan bantuan ini kita harapkan dapat memicu dan memacu anak didik kita dalam proses belajar mengajar, apalagi 2 bulan lagi akan dilaksanakan ujian semester maka pembelajaran secara daring ini sangat dibutuhkan.  

Sementara informasi Pimpinan PT. XL Axiata Tbk. yang disampaikan Toddy C. Siburian melaporkan, program ini terjalin atas kerjasama Direktorat KSKK Madrasah Kementerian Agama RI dengan pihak PT. XL Axiata Tbk. yang telah ditandatangani di Jakarta pada 14 September lalu.

Total seluruh bantuan untuk sekolah se Sumatera berjumlah, 1.150 dengan total bantuan 325.321 buah kartu. Untuk Madrasah dan pesantren pembagiannya, untuk 6  pesantren se Sumatera Barat kartu perdana yan telah disalurkan sebanyak 3.800 buah. Untuk 18 Raudhatul Athfal (RA) se Sumatera Barat kartu perdana yan telah disalurkan sebanyak 3.800 buah. Untuk 79 Madrasah Ibtidaiyah (MI) se Sumatera Barat kartu perdana yan telah disalurkan sebanyak 17.838 buah, untuk 211 MTs Negeri/ Swasta se Sumatera Barat kartu perdana yan telah disalurkan sebanyak 64.115 buah, untuk 110 Madrasah Aliyah (MA) Negeri/ swasta se Sumatera Barat kartu perdana yan telah disalurkan sebanyak 24.941. Jadi, total semuanya 424 madrasah se Sumatera Barat dengan kartu perdana yan telah disalurkan sebanyak 111. 608 buah.

Pembina ASKOMPSI Sumatera Barat, Yeflin Luandy menyampaikan bahwa program ini kali kedua dilaksanakan se Indonesia dimana sebelumnya juga telah dilaksanakan Provinsi Jawa Timur, dan untuk Pulau Sumatera, Sumatera Barat pertama melakukan program ini.

Disampaikannya juga bahwa, kegiatan ini juga diikuti Kakan Kemenag dan Kasi Pendis Kabupaten Kota secara virtual melalui zoom Meeting. Dan kartu perdana ini diserahkan secara simbolis kepada perwakilan MI, MTs dan MA.

Acara yang dilaksanakan di Aula Amal Bhakti I Kanwil Kemenag Sumbar ini, Senin (05/10) dihadiri Pembina ASKOMPSI Sumbar, Yeflin Luandy dan Jeneral Manager PT. XL Axiata Tbk, Toddy C. Siburian serta seluruh Kepala Seksi Bidang Pendidikan Madrah Kanwil Kemenag Sumbar. [DW]