PKKM MIN 2 Pasaman Barat, Tuntas

PKKM MIN 2 Pasaman Barat, Tuntas

Pasaman Barat, Humas – Penilaian Kinerja Kepala Madrasah (PKKM) terhadap kepala MIN (Madrasah Ibtidaiyah Negeri) 2 Pasaman Barat, Agus Salim, bersama Tim Panilai Kanwil Kementerian Agama Sumatera Barat, Kamis (8/10) sore kemarin, tuntas. Penilaian di madrasah itu, Silambau, Kinali, dipimpin Jhon Of Riezal One.

Ketua Tim penilai Kanwil Kementerian Agama Sumatera Barat, Jhon Of Riezal One, usai penilan kepala madasah negeri itu, menyampaikan, selain melaksanakan program secara nasional sekaligus untuk mengetahui sejauhmana potensi dan kompetnsi dimiliki setiap kepala, seperti Kepala MIN 2 Pasaman Barat, Agus Salim.

Penilaian kepala madrasah, seperti di Pasaman Barat, juga ajang evaluasi terhadap kinerja masing-masing kepala. Sebab, sukses atau tidaknya, berkualitas atau tidak, serta berkembang atau tidak suatu lembaga pendidikan, ditentukan oleh majerial, mentalitas, dan keikhlasan setiap pemimpin di madrasah bersangkutan.

Dalam beberapa minggu terakhir, ulas oemilik gelar akademik Doktor itu, Kementerian Agama, seperti di Sumatera Barat, melakukan evaluasi terhadap kinerja dilakukan setiap kepala madrasah, mulai tingkat MIN, Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN), hingga ke jenjang Madrasah Aliyah Negeri (MAN). Untuk Pasaman Barat, untuk setiap tingkatan kegiatan ini telah dilaksanakan

Madrasah bagus dan berkualitas, terang alumni Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang, bukan karena lengkap atau cukupnya sarana dengan fasiltas. Tapi, ditentukan sosok kepala bersama seluruh komponen yang ada bisa sekaligus mampu menata madrashnya secara maksimal, melalui sifat kepemimpinan kepala madrasahnya.

Kepala MIN 2 Pasaman Barat, Agus Salim, pada kesempatan yang sama menjelaskan, Alhamdulillah hari ini dirinya, selesai mengikuti proses penilaian terhadap kinerja kepala madrasah, khususnya untuk bagi dirinya. Sebagai aparatur yang diberi amanah, untuk memimpin di madrasah beralamat di Simabau Kecamatan Kinali.

Dilaksanakannya penlaian terhadap kinerja dirinya, ulas Agus Salim, bukan hanya sebatas memenuhi hak dan kewajiban, tapi kesempatan berharga baginya. Selain mengevaluasi kinerja, melalui program atau gagasan yang dilaksanakan selama memimpin di MIN 2 Pasaman Barat. Penilaian ini juga untuk koreksi bagi dirinya, agar diperbaiki ke depannya.

“Saya yakin dan percaya, selama dirinya dipercaya pemerintah melalui Kementerian Agama, menjalankan amanah sebagai kepala di MIN 2 Pasaman Barat, tentu banyak kejanggalan da kekurangan yang dimiliki. Untuk itu koreksi, evaluasi dan sarana dari semua pihak, termasuk majelis guru bersama pihak terkait, sangat diharapkan”, kata Agus Salim, menambahkan. Zar/vn