Ikhtiar Meningkatkan Kualitas Layanan Penyelenggaraan Ibadah Haji

Ikhtiar Meningkatkan Kualitas Layanan Penyelenggaraan Ibadah Haji
Ikhtiar Meningkatkan Kualitas Layanan Penyelenggaraan Ibadah Haji

Sarilamak, Humas -- Kementerian Agama memiliki komitmen yang kuat dalam meningkatkan kualitas layanan penyelenggaraan ibadah haji dari waktu ke waktu. Hal tersebut kembali ditegaskan H. Naharudin, Kakan Kemenag Lima Puluh Kota disaat membuka secara resmi kegiatan Pembinaan Pembimbing Manasik Haji (16/10) di Sago Bungsu Hall Convention.

Kegiatan strategis tersebut diikuti oleh 30 orang peserta yang terdiri dari unsur Pejabat Struktural, Kepada KUA, JFU, Penyuluhan, Pimpinan Ponpes, KBIH, IPHI dan Tokoh masyarakat. 

Lebih lanjut dijelaskan, "Undang-undang Nomor 8 Tahun 2018 Tentang Penyelenggaraan ibadah Haji dan Umroh mengamanatkan negara untuk melaksanakan penyelenggaraan ibadah haji secara profesional mulai dari, pendaftaran, bimbingan, penyelenggaraan dan yang terpenting juga terkait jaminan perlindungan bagi jamaah hati." 

Terkait kegiatan pembinaan hari ini, Kakan Kemenag berharap, agar kegiatan pembinaan ini memberikan nilai manfaat dalam meningkatkan kualitas layanan ibadah haji, khususnya dalam ikhtiar menyediakan pembimbing manasik Haji yang profesional.

Disisi lain dijelaskan juga bahwa, "Indeks Kepuasaan Jamaah Haji Indonesia (IKJHI) dalam empat tahun terakhir terus meningkat di mana pada tahun 2016 IKJHI tercatat 83,83, untuk tahun 2017 naik 84,85 dan terus mengalami kenaikan pada tahun 2018 menjadi 85,23 sedangkan pada tahun 2019 naik menjadi 85,91. IKJHI dalam empat tahun terakhir semuanya berada dalam kategori baik, tentu kedepannya kita semua berharap agar IKJHI ini dapat ditingkatkan kearah yang lebih baik lagi."

Sebelumnya Irfan Junaidi Kasubbag TU Kemenag Lima Puluh Kota dalam laporan panitia menjelaskan, kegiatan pembinaan pembimbing manasik Haji ini akan berlangsung selama dua hari, dengan empat materi terkait dengan penyelenggaraan ibadah haji. Oleh sebab itu saya berharap agar kegiatan strategis ini dapat meningkatkan kualitas dan profesionalisme para pembimbing manasik Haji.

Selanjutnya disampaikan, "Atas nama Ketua pelaksana kegiatan izinkan saya menyampaikan apresiasi sekaligus ucapan terimakasih kepada seluruh anggota panitia, peserta serta stakeholder lainya yang telah memberikan dukungan penuh untuk suksesnya kegiatan ini."

Terpisah H. Zakaria Kasi Penyelenggaraan Haji dan Umroh Kemenag Lima Puluh Kota dihadapan awak media menegaskan, "Pemerintah melalui Kementerian Agama memiliki komitmen yang kuat dalam meningkatkan kualitas layanan penyelenggaraan ibadah haji mulai dari pendaftaran, pembinaan, pemberangkatan, layanan di tanah suci dan pemulangan. Berbagai ikhtiar terus dilakukan Kemenag salah satunya melalui kegiatan strategis hari ini." (APP)vn