Ketua K3MA Pesisir Selatan Ikuti Sosialisasi Asesmen Nasional

Ketua K3MA Pesisir Selatan Ikuti Sosialisasi Asesmen Nasional

Painan, Humas-- Mulai tahun 2021, secara resmi pelaksanaan Ujian Nasional (UN) akan digantikan dengan Asesmen Nasional. Untuk itu, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) kini mulai mengadakan sosialisas Asesmen Nasional sebagai pengganti Ujian Nasional.  

Sejalan dengan itu, Ketua Kelompok Kerja Kepala Madrasah Aliyah (K3MA) Pesisir Selatan (Pessel) Ahmad Asdi, sekaligus Kepala MAN 2 Pesisir Selatan selaku salah satu Satuan Pendidikan, turut mengikuti kegiatan sosialisasi. Sosialisasi Asesmen Nasional itu diadakan pada Jumat (16/10) oleh Kemendikbud secara virtual.

Menurut keterangan Asdi setelah mengikuti sosialisasi tersebut, Asesmen Nasional nantinya akan terdiri dari tiga instrumen, yakni Asesmen Kompetensi Minimum (AKM), Survei Karakter dan Survei Lingkungan Belajar. Setiap satuan pendidikan akan mengikuti ketiga Asesmen itu nantinya. 

"Asesmen Nasional ini baru pertama kali akan diadakan pada tahun 2021 ini sebagai pengganti Ujian Nasional. Dalam hal ini sangat dibutuhkan sosialisasi. Kita bersyukur Madrasah Aluyah di Pessel yang saya wakili selaku ketua K3MA, bisa hadir secara virtual mengikuti sosialisasi dari Kemendikbud ini," ucap Asdi. 

 "Jika diperhatikan, pada dasarnya, asesmen ini dalam rangka untuk menilai efektivitas pembelajaran dan ketercapaian kurikulum pada satuan pendidikan. Kita berharap nantinya siswa dari madrasah kita maupun dari Madrasah Aliyah di Pessel nantinya, siap untuk mengikuti Asesmen Nasional ini. Karena hal ini akan memberikan gambaran pencapaian kurikulum masing-masing Satuan Pendidikan," pungkasnya. (Weni)vn