Guru MTsN 1 Kota Pariaman Ikuti Sosialisasi Kebijakan AKSI Melalui Zoom Meeting

Guru MTsN 1 Kota Pariaman Ikuti Sosialisasi Kebijakan AKSI Melalui Zoom Meeting

Pariaman, Humas—Seluruh guru MTsN 1 Kota Pariaman mengikuti sosialisasi kebijakan Asesmen Kompetensi Siswa Indonesia (AKSI) pada Kementerian Agama melalui virtual meeting di MTsN 1 Kota Pariaman. Kegiatan ini berlangsung pada Senin (19/10).

Kegiatan ini dilaksankan Kantor Wilayah Kementeria Agama Provinsi Sumatra Barat. Narasumber dalam kegiatan ini adalah Dr. H. Ahmad Hidayatullah (Kasubdit Kurikulum Direktorat KSKK Madrasah Kementerian Agama RI) dan yang bertindak sebagai host sosialisasi adalah H. Afrizal (Kasi Kurev Kanwil Kemenag Provinsi Sumbar). Kegiatan ini diikuti oleh Kabid Penmad Kanwil Kemenga Provinsi Sumbar, Kasi Penmad/ Pendis, kamad, pengawas madrasah, dan sebagian guru madrasah se-Sumbar.

Dalam sosialisai tersebut dijelaskan tentang kedudukan AKSI madrasah dan Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) nasional serta survei karakter dan lingkungan belajar dari segi fungsi, target pengukuran, dan peserta. Tujuan utama AKSI madrasah ini adalah untuk memperbaiki mutu pembelajaran.

AKSI madrasah berfungsi untuk memahami hasil belajar individual siswa dengan target pengukuran, yaitu literasi membaca, numerasi sains, dan sosial budaya dengan pesertanya adalah seluruh siswa madrasah kelas 5, 8, dan 11. AKM nasional berfungsi untuk mengevaluasi kualitas sistem pendidikan dengan target pengukuran literasi membaca dan numerasi dengan peserta sampel dari siswa kelas 5 SD/ MI, kelas 8 SMP/ MTs, kelas 11 SMA/ MA/ SMK. Survei karaakter dan lingkungan belajar berfungsi untuk mengevaluasi kualitas sistem pendidikan dengan target pengukuran disposisi dan keterampilan sosial emosional, etis, spritual siswa, kesejahteraan psikologis siswa dan guru praktik-praktik pengajaran/ iklim belajar di sekolah, sedangkan pesertanya adalah siswa kelas 5 SD/ MI, kelas 8 SMP/ MTs, kelas 11 SMA/ MA/ SMK.

Kegiatan ini diikuti dengan semangat dan serius oleh seluruh guru MTsN 1 Kota Pariaman. Hal ini karena kegiatan ini dirasakan sangat bermanfaat bagi guru sehingga guru bisa memperbaiki pembelajaran yang akan dilakukannya. Kegiatan yang dimulai pukul 09.30 dan berakhir pada pukul 12.00 WIB ini berlangsung tertib dan lancar.

Kepala MTsN 1 Kota Pariaman, Nur Eliwati, juga mengikuti kegiatan yang sama di Aula Kantor Kementerian Agama Kota Pariaman bersama para kepala madrasah se-Kota Pariaman. “Mudah-mudahan dengan adanya sosialisasi kebijakan AKSI ini, para guru lebih paham dan bisa memperbaiki pembelajaran yang akan dilakukannya sehingga bisa meningkatkan mutu pembelajaran pada umumnya. Apalagi, AKSI pada tahun 2021 nantinya baru pertama kali dilakukan sehingga guru masih banyak yang belum memahaminya,” jelasnya. (Delsi).