H. Kasmir Narasumber BIMWIN BERKAH Angkatan Ke- 23

H. Kasmir Narasumber BIMWIN BERKAH Angkatan Ke- 23
H. Kasmir Narasumber BIMWIN BERKAH Angkatan Ke- 23

Bukittinggi, Humas--Kantor Kementerian Agama Kota Bukittinggi melalui Seksi Bimas Islam melaksanakan Bimbingan Perkawinan Belajar Rahasia Nikah (BIMWIN BERKAH) terhadap Calon Pengantin Angkatan ke-23, Selasa 20/10/2020 bertempat di Gedung Balai Nikah dan Manasik Haji Kantor Urusan Agama Kecamatan Guguk Panjang Bukittinggi.

Bimbingan Perkawinan Belajar Rahasia Nikah angkatan ke-23 ini menghadirkan narasumber H. Kasmir, H. Zulfakhri dan Dosen Poltekkes Depkes.

H. Kasmir yang juga merupakan Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Bukittinggi ini memberikan materi dengan judul "Membangun Keluarga Yang Kokoh dan Generasi Berkualitas".

"Sebagai sebuah sistem sosial yang mempunyai tugas atau fungsi masing-masing agar sistem berjalan dalam kehidupan keluarga. Setiap pasangan harus tahu fungsi yang merupakan konsekuensi dari pembentukan sebuah keluarga yang kuat dan kokoh," papar Kakan Kemenag ini.

Sebuah keluarga berfungsi untuk mengelola sumber daya yang dimiliki termasuk penetapan peran sosial, dukungan, dan perkembangan anggota keluarga untuk memenuhi kebutuhan fisik, emosi (cinta kasih), ikatan suami-isteri, serta perkembangan yang termasuk moral, loyalitas, dan sosialisasi.

"Peran keluarga dalam keberlangsungan sistem sangat terkait dengan struktur sebuah keluarga. Peran keluarga akan menjadi optimal jika  keluarga tersebut kuat atau struktur keluarga kokoh berdasarkan nilai- nilai keagamaannya," tuturnya lagi.

Keluarga yang kuat dapat membangun SDM yang berkemampuan tinggi, berkepribadian, dan berprilaku sosial yang baik serta mempunyai ketahanan mental dan psikososial yang kokoh. (Syafrial)vn