Tim Inspektorat Jenderal Ekspose Hasil Audit Kinerja Duo Madrasah Lima Puluh Kota

Tim Inspektorat Jenderal Ekspose Hasil Audit Kinerja Duo Madrasah Lima Puluh Kota

Sarilamak-Humas. Tim Audit kinerja dari inspektorat Jenderal Kementerian Agama telah melakukan Audit kinerja 2.0 penyelenggaraan tugas dan fungsi pada MAN Lima Puluh Kota dan MTsN 3 Lima Puluh Kota. Bertempat di aula MAN Lima Puluh Kota (22/10) dilangsungkan ekspose hasil audit kinerja yang telah dilaksanakan. Kegiatan ekspose dihadiri oleh Kepala Kemenag Lima Puluh Kota, Kepala Madrasah, KAUR TU dan tenaga pendidik dari kedua Madrasah.

Harnoko Pengendalian Teknis kegiatan audit menjelaskan, "Keuangan negara harus dikelola dengan tertib, ekonomis, efisien, efektif, transparan dan bertanggung jawab dengan memperhatikan rasa keadilan dan kepatutan". Lebih lanjut dijelaskan " Pengelolaan keuangan negara harus mengikuti ketentuan yang sudah ada serta menghasilkan output dan outcome yang efektif sesuai dengan tujuan yang telah ditetapkan, audit merupakan bagian dari pembinaan ASN agar bekerja sesuai dengan SOP yang telah ada", jelasnya.

Terkait audit di duo Madrasah Lima Puluh Kota Harnoko menjelaskan, "Secara umum hasil audit yang telah dilakukan memiliki nilai variatif dari setiap komponen yang diaudit, untuk hasil akhir kedua Madrasah berhasil dengan nilai kategori cukup efektif dan efisien, hasil ini tentu perlu ditingkatkan agar kedepanya beberapa catatan dan rekomendasi dari tim auditor dapat ditindaklanjuti secepatnya ", tungkas Harnoko.

Sementara itu H.Naharudin Kakan Kemenag Lima Puluh Kota dalam hantaranya menjelaskan, "Saya berharap agar ASN dijajaran Kemenag Lima Puluh Kota dapat merubah paradigma berfikir terhadap proses Audit yang dilakukan oleh auditor, kegiatan audit merupakan bagian dari pembinaan oleh sebab itu kita perlu bersyukur dapat pembinaan langsung dari tim Inspektorat, agar kinerja serta kualitas kerja kita terus meningkat", harap Alumni Candung ini.

Disisi lain Kakan Kemenag juga menyampaikan "Apresiasi sekaligus ucapan terimakasih kepada seluruh tim audit yang telah melakukan kepada kedua Madrasah di Lima Puluh Kota, hasil audit ini tentu akan menjadi bahan evaluasi sekaligus bahan proyeksi untuk meningkatkan kinerja Madrasah kedepannya", jelasnya

Terhadap beberapa rekomendasi dari tim auditor Kakan Kemenag menegaskan "Saya minta kepada kedua Madrasah untuk secepatnya melakukan tindak lanjut dari hasil rekomendasi yang ada, dengan tetap berkoordinasi dengan tim Inspektorat dan Kantor Kemenag Lima Puluh Kota, hal ini akan langsung saya monitoring agar tindak lanjut nya dapat segera dilakukan", pungkas H. Naharudin.(APP)vn