MIN 7 Pessel Jadikan Peringatan Hari Santri 2020 Sebagai Spirit Kebersamaan Dalam Menuju Madrasah Hebat Bermartabat

MIN 7 Pessel Jadikan Peringatan Hari Santri 2020 Sebagai Spirit Kebersamaan Dalam Menuju Madrasah Hebat Bermartabat

Painan, Humas – Dalam rangka peringatan Hari Santri tahun 2020, Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN 7) Pesisir Selatan segenap keluarga besarnya berkomitmen jadikan Momentum tersebut sebagai Spirit dan Semangat dalam mewujudkan Madrasah Hebat Brmartabat.

Azwar Alif selaku Kepala MIN 7 Pesisir Selatan usai melaksanakan Ucara pada peringatan Hari Santri di Madrasah pagi tadi menjelaskan bahwa, di tinjau dari latarbelakang lahirnya Hari Santri ini mengingatkan kita kepada sejarah resolusi jihat K.H. Hasyim Asy’ari. Ini merupakan peristiwa penting yang menggerakkan para santri, pemuda, dan Masyarakat untuk bersama-sama berjuang melawan penjajah. Selain itu, peringatan Hari Santri ini juga sebagai wujud nyata bagi kita dalam memberikan penghormatan terhadap sejarah, pesantren, serta pengormatan kita terhadap sejarah perjuangan kyai dan santri, “papar Azwar.

Dari momentum ini dapat kita ambil hikmah dan pelajaran, nilai-nilai semangat dan persatuan begitu kental sekali dalam perjuangan santri dalam mengusir penjajah dari bumi Indonesia. Dari semangat perjuanagan itulah, Azwar mengajak segenap keluarga besar MIN 7 Pesisir Selatan untuk dapat mentauladani semangat perjuangan seorang Hasyim Asy’ari. Sekarang kita hidup pada zaman dan alam merdeka, bukan berarti perjuanagn kita telah berakhir. Masih banyak hal-hal penting dan bernilai yang harus kita perjuangkan demi masa depan bangsa Indonesia kedepan, salahsatunya dengan cara menciptakan generasi bangsa yang pintar, berkualitas dan bermutu serta memiliki iman dan taqwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa.

Lebih khusus Azwar selaku Kepala Madrasah mengajak segenap keluarga besar MIN 7 Pessel untuk dapat mengambil hikmah serta mentauladani nilai-nilai yang terkandung dalam peringatan Hari Santri yang baru saja kita peringati sekarang ini. Kerjasama, Kolektifitas serta Komitmen dalam kinerja merupakan bentuk upaya kita dalam menghargai sejarah serta berimplimentasi dalam menciptakan Madrasah Hebat Bermartabat, “tambah Azwar.

Selaku warga Madrasah, Osrial Nural yang juga selaku Koordinator bidang Kurikulum di Madrasah juga menjelaskan bahwa, pelaksanaan peringatan Hari Santri tahun ini memang sangat jauh berbeda dengan peringatan Hari Santri tahun-tahun lalunya. Kondisi Pandemik Covid-19 yang masih merebak sampai saat ini membatasi kita melaksanakan peringatan Hari Santri ini dengan semestinya. Namun semangat dan kebersamaan kita dalam kegiatan peringatan ini akan tetap hidup dan berkobar. Sehingga kita masih dapat melaksanakan upacara peringantannya walau dalam situasi dan kondisi yang biasanya.

Harapan kita juga tentunya, semoga segala aktifitas yang kita lakukan di Madrasah, khususnya di MIN 7 Pessel ini, senantiasa mencerminkan nilai-nilai perjuangan yang penuh cinta dan ikhlas dalam pengabdian. Sehingga cita-cita kita dalam mewujudkan Madrasah Hebat Bermartabat benar-benar dapat terwujud, “pungkas Osrial. [Melni]