Bronjong Pengaman MTsN 4 Pasaman Jebol di Terjang Batang Sungai Yang Meluap

Bronjong Pengaman MTsN 4 Pasaman Jebol di Terjang Batang Sungai Yang Meluap

Bonjol, Humas -- Tingginya curah hujan yang mengguyur Kecamatan Bonjol dari kemarin sore,  mengakibatkan debit air sungai yang membelah Ganggo Hilia yang tak jauh dari madrasah menjadi tinggi.  Akibatnya,  beberapa lokasi termasuk MTsN 4 Pasaman mengalami kerusakan. Diantaranya,  bronjong pengaman MTsN 4 Pasaman jebol diterjang batang sungai persis di belakang madrasah tadi malam,  Kamis (22/10).

Sebelumnya,  akhir 2017 yang lalu,  Bagian belkang madrasah yang persis menghadap ke batang sungai itu pun pernah hanyut akibat banjir bandang.  Bahkan,  nyaris lokal di bagian belakang hanyut terseret arus air sungai yang kuat.  Setelah itu,  dibangunlah bronjong untuk penahan dan pengaman bagian pinggir madrasah. Namun nyatanya,  bronjong itupun harus jebol juga diterjang kuatnya arus sungai yang meluap. 

Kerusakan ini pun ditinjau langsung Kasi Penmad Kemenag Pasaman,  Camat beserta Forkopimca,  dan Tim PUPR. Padahal,  MTsN 4  Pasaman sendiri baru menyelesaikan proses rehab madrasah pada akhir Juni yang lalu.  Tim PUPR sendiri langsung mengukur panjangnya kerusakan akibat runtuh dan jebolnya bronjong baru berusia sekitar 2 tahun itu. 

Kepala MTsN 4 Pasaman,  Hj. Raflis merasa berterima kasih atas kunjungan Kemenag Pasaman,  Camat, dan tim PuPR yang langsung datang meninjau lokasi kerusakan. 

"Pihak madrasah mengucapkan rasa terima kasih yang besar atas simpati dan dukungan yang telah dberikan baik dari pihak Kemenag pasaman, Ibu Camat, Wali Nagari serta unsur forkopimca lainnya.  Bagaimanapun,  musibah yang menimpa Nagari Gangggo hilia termasuk MTsN 4 Pasaman adalah musibah kita semuanya.  Semoga ke depannya kita tetap berada dalam lindungan Allah SWT dan diberi kekuatan menghadapi ujian sehingga semua yang kita lakukan di dunia ini hendaknya bernilai ibadah" terangnya.  (arya)