Bawaslu Gandeng ASN Kemenag Dalam Pengawasan Pilkada

Bawaslu Gandeng ASN Kemenag Dalam Pengawasan Pilkada

Pasaman Barat, Inmas – Kepala seksi Kantor Kemenerian Agama Pasaman Barat, kepala Kantor Urusan Agama (KUA), dan kepala madrasah negeri, Senin (2/11) ikuti sosialisasi pengawasan pemilu partisipatif pilkada serentak tahun 2020 di Hotel Guchi Simpang Empat. Kegiatan ini dilaksanakan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Pasaman Barat.

Kepala Kantor Kementerian Agama Pasaman Barat, Muhammad Nur, didampingi Kasubbag Tata Usaha, Sufrinas, kepada Inmas di ruang kerjanya, Simpang Empat, pagi tadi menjelaskan, dilaksanakannya acara sosialisasi pengawasan pemilu partisipatif pilkada ini, merupakan tindak lanjut dari surat pemberitahuan sekaligus undangan dari Bawaslu Pasaman Barat.

Dalam surat Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Pasaman Barat Nomor 278/K.Bawaslu.SB.07/PM.01.2, tanggal 27 Oktober 2020 tentang undangan mengikuti sosialisasi pengawasan pemilu partisipatif pilkada (khusus) untuk Pasaman Barat, mengikutkan sebanyak 25 orang peserta, yaitu kepala seksi, kepala KUA, dan kepala negeri.

Ketua Bawaslu Pasaman Barat, Emra Patria, menjelaskan, selama ini peran dan fungsi pengawasan pada setiap ivent pemilihan umum, apakah untuk pemilihan calon anggota legislatif, pemilihan calon presiden atau untuk calon kepala daerah, termasuk di Pasaman Barat, masih terbatas. Sehingga berbagai temuan atau pengaduan yang ada di tengah masyarakat, tidak tersikapi secara maksimal.

Idealnya, katanya, setiap agenda suksesi lembaga legislatif, pemlihan calon presiden dan calon wakil presiden, sampai ke tingkat provinsi dan kabupaten/kota, seperti Pasaman Barat, berjalan sesuai aturan dan mekanisme yang berlaku. Sehingga setiap ada dugaan pelanggaran atau pengaduan, prosoalan itu bisa diselesaikan secara maksimal, dan agena pemilihan umum memuaskan.

Sosialisasi pengawasan pemilu partisipatif pilkada serentak tahun 2020 yang dilaksanakan secara terpola dan terjadwal di Hotel Guchi Simpang Empat, tambah Emra Patria, merupakan bentuk kepedulian pihak Bawaslu Pasaman Barat, mengajak semua kalangan, termasuk Aparatul Sipil Negara (ASN) se Pasaman Barat, seperti diikuti para pejabat di lingkungan Kantor Kementerian Agama Pasaman Barat, hari ini. Zar