Kakan Kemenag Agam Tantang Guru Bahasa Arab Madrasah Untuk Gelar Muhadasah Serta Lahirkan Inovasi Pembelajaran

Kakan Kemenag Agam Tantang Guru Bahasa Arab Madrasah Untuk Gelar Muhadasah Serta Lahirkan Inovasi Pembelajaran

Agam, Humas -- Direktorat Jenderal Pendidikan Islam (Dirjen Pendis) Kementerian Agama RI melalui Direktorat Kurikulum Sarana Prasana Kesiswaan dan Kelembagaan (KSKK) Madrasah menggelar Bimtek Implementasi Pembelajaran Berasarkan Kurikulum KMA 183 dan 184 tahun 2019 serta Implementasi E-Learning Bahasa Arab untuk jenjang MTS pada 9 dan 10 November 2020.

Bimtek digelar secara Virtual menggunakan Aplikasi Zoom Meeting dimana peserta berasal dari Guru-guru Bahasa Arab di Madrasah Tsanawiyah baik Negeri maupun Swasta se Indonesia.

Disebabkan acara melibatkan peserta yang sangat banyak, maka kegiatan tidak bisa diikuti secara individual dari laptop/gawai masing-masing peserta, tetapi dikumpulkan pada titik-titik zoom meeting yang telah ditentukan jumlah titiknya untuk setiap Provinsi dan Kabupaten/Kota.

Berdasarkan Surat Dirjen Pendis nomor B-2469/DJ.1/Dt.I.I/PP.00.5/11/2020 tanggal 3 November 2020

untuk Sumatera Barat ada 45 lokasi Zoom. Dan Kabupaten Agam mendapat 5 titik Zoom meeting. Yaitu di MTSN 4 Agam, MTSN 11 Agam, MTSS Asy-Syarif, MTSN 6 Agam dan MTSN 7 Agam.

Saat meninjau pelaksanaan Bimtek di MTSN 4 Agam yang berlokasi di Manggih Lubuk Basung pada Selasa (10/11). Kakan Kemenag Agam H. Edy Oktafiandi memberikan pesan kepada para guru B. Arab untuk mengikuti Bimtek dengan baik dan sungguh-sungguh. Sebab kegiatan Bimtek adalah salah satu upaya untuk meningkatkan kompetensi dan kualitas diri. Dan diharapkan setelah Bimtek akan memunculkan berbagai inovasi dalam pembelajaran Bahasa Arab, pesannya.

Edy juga memotivasi para guru Bahasa Arab untuk gemar dan mahir menggunakan bahasa arab dalam berkomunikasi sehari-hari serta menantang para guru Bahasa Arab untuk mengadakan kegiatan Muhadasah antar guru Bahasa Arab Madrasah.

Kepala MTSN 4 Agam Zulfahmi selaku tuan rumah kegiatan Zoom Meeting guru Bahasa Arab area Lubuk Basung, Tanjung Mutiara, Ampek Nagari dan Palembayan zona barat menyampaikan terima kasih kepada Kakan Kemenag Agam yang senantiasa memberikan bimbingan dan arahan serta memotivasi jajaran Madrasah untuk terus berinovasi dan berprestasi. Dan semoga dengan pelaksanaan Bimtek guru bahasa arab ini akan semakin meningkatkan kompetensi guru-guru kita terutama guru bahasa Arab dalam memberikan pendidikan kepada anak-anak kita di Madrasah, harapnya. Alwi