Delapan ASN Kemenag Kota Solok Ikuti Ujian Dinas dan UPKP

Delapan ASN  Kemenag Kota Solok Ikuti   Ujian Dinas dan UPKP

Kota Solok, Humas--Kepala Kantor Kemenag Kota Solok, H. Eri Iswandi didampingi Kasubbag Tata Usaha H. Emil Isra dan Analis Kepegawaian Ety Syafnimar,  membuka secara resmi pelaksnaan Ujian Dinas  dan Ujian Penyesuaian Kenaikan Pangkat (UPKP ) bagi ASN Kemenag Kota Solok yang bertempat di Aula Abu Bakar Siddiq Kemenag Kota Solok, Selasa   (20/11).

Kakan Kemenag mengatakan,  Ujian Dinas dan UPKP dalam rangka memberikan penghargaan kepada pegawai dengan memberikan kesempatan mengembangkan karier meniti jenjang kepangkatan setingkat lebih tinggi, dengan demikian akan berimplikasi pada meningkatnya kesejahteraan.

 "Selamat mengikuti ujian dinas ini, semoga bisa lulus dengan hasil yang terbaik dan dapat meningkatkan kinerja ASN Kemenag Kota Solok.  Ujian Dinas dan UPKP proses yang harus ditempuh ASN, merupakan fasilitasi kesempatan kenaikan pangkat dan penyesuaian ijazah sesuai ketentuan yang berlaku. Selain untuk menegakkan aturan dalam tertibnya administrasi kepegawaian, ujian ini juga bermanfaat untuk pembinaan karier pegawai, kata Eri Iswandi.

Sementara itu  Emil Isra menambahkan,  bahwa Ujian Dinas adalah suatu rangkaian kegiatan yang diperuntukan bagi Pegawai Negeri Sipil yang berpangkat Pengatur Tingkat I golongan ruang II/d dan Penata Tingkat I golongan ruang III/d untuk dapat dinaikkan pangkatnya, disamping memenuhi persyaratan lain yang telah ditetapkan bagi Pegawai Negeri Sipil yang memiliki dan memperoleh ijazah sesuai dengan ketentuan yang berlaku, juga dapat diberikan kenaikan pangkat pilihan sesuai dengan jenjang pendidikan ijazahnya dan ketentuan harus mengikuti dan lulus ujian kenaikan pangkat penyesuaian ijazah.

Menurut laporan Pelaksana Analis Kepegawaian Kantor Kemenag Kota Solok Ety Syafnimar  menjelaskan pelaksanaan Ujian Penyesuaian Kenaikan Pangkat ( UPKP ) dan Ujian Dinas yang digelar Kanwil Kemenag Prov. Sumbar melalui Zoom Metting itu, ASN Kemenag  Kota Solok  mengikuti sebanyak 8 (delapan ) orang peserta. 

Dari 8 (delapan)  orang peserta tersebut, terdapat 4 (empat) peserta mengikuti Ujian Dinas dan 4 (empat) peserta mengikuti UPKP. Pelaksanaan Ujian Dinas dan UPKP bagi ASN  dilingkunan Kanwil Kemenag Sumbar tersebut berlangsung selama 4 ( empat ) hari ( 10 s.d 13 November 2020 ).

Mata pelajaran yang diuji  dalam  Ujian Dinas dan Ujian Penyesuaian Kenaikan Pangkat (UPKP) ada 10 (sepuluh), diantaranya adalah  Pancasila, UUD. 1945, Kebijakan Pemerintah, Korpri, Peraturan Kepegawaian, Sejarah Indonesia, Bahasa Indonesia, Teori Kepemimpinan, Tupoksi SOTK Kemenag dan Peranan Agama Dalam Pembangunan.  (Diana)