Wamenag : Sukses MTQ Ada pada Pembentukan Mental dan Karakter Manusia

Wamenag : Sukses MTQ Ada pada Pembentukan Mental dan Karakter Manusia

Padang Humas—Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Nasional XXVIII yang berlangsung sejak tang 12 hingga 21 November 2020 ditutup secara virtual Wakil Presiden RI, Ma’ruf Amin. Sementara Wakil Menteri Agama, Zainut Tauhid Sa’adi hadir langsung bersama Dirjen Bimas Islam, Kamaruddin Amin di Mesjid Raya Sumatra Barat, Jumat malam (20/11).

Hadir juga dalam kesempatan itu, Atase Kedutaan Arab Saudi, Gubernur Sumatra Barat, Irwan Prayitno bersama Istri, Kakanwil Kemenag Sumbar, Hendri bersama istri serta seluruh jajarannya se Sumatra Barat, Kepala OPD dan seluruh kafilah dari Provinsi se Indonesia.

Mengawali sambutannya Wakil Mentri Agama, Zainut Tauhid mengatakan pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Quran Tingkat Nasional XVIII yang telah berlangsung sejak 12 November 2020 merupakan wujud kebersamaan seluruh elemen yang terkait, termasuk di dalamnya dukungan warga kota Padang yang telah menjadi tuan rumah yang baik.

“Meskipun pelaksanaan MTQ Nasional saat ini kita semua berada di tengah keprihatinan karena wabah Covid-19 yang melanda seluruh dunia termasuk Indonesia, namun dengan komitmen yang kuat dan kedisiplinan dalam penerapan standar protokol kesehatan semuanya dapat berjalan dengan baik dan sukses,” ugkap Wamenag.

Wamenag juga berharap MTQ tidak hanya ajang melatih dan bertanding membaca, tetapi juga berkompetisi dalam memahami substansi dari ayat-ayat suci al-Qur'an dengan benar dan tepat. “Makna Alquran bukan sekadar dipertandingkan, melainkan dapat diamalkan dalam kehidupan sehari-hari,” begitu harapannya.

“Setelah suksesnya MTQ Nasional mari kita semakin memantapkan peran nilai-nilai agama di tengah kehidupan masyarakat Sumatera Barat, mengembangkan pendidikan Al Quran di lingkungan masyarakat muslim, serta meningkatkan pembangunan di bidang agama, sosial kemasyarakatan, ekonomi dan budaya yang bermartabat,” imbuhnya lagi.

Disamping itu lanjut Zainut Tauhid kesuksesan penyelenggaraan MTQ ditandai dengan adanya dampak kolektif, melalui implementasi pemahaman agama yang baik dan benar. “Suksesnya MTQ ada pada pembentukan mental dan karakter manusia yang mewarnai perilaku manusia di tengah masyarakat,” pungkasnya.

Sementara itu, Wakil Presiden Ma’ruf Amin yang menutup secara virtual mengatakan, MTQ Nasional tahun ini mengangkat tema "Dengan MTQ Nasional Kita Wujudkan SDM yang Unggul, Profesional dan Qur'ani Menuju Indonesia Maju". Tema ini sejalan dengan agenda pemerintah saat ini yang lebih memfokuskan pada pengembangan SDM secara nasional.

"Pelaksanaan MTQ mempunyai nilai strategis dalam rangka pembangunan SDM unggul karena mengajak umat Islam untuk lebih dekat dengan al-qur'an nulkarim," ungkap Ma'ruf Amin.

Wapres juga mengatakan MTQ erat kaitannya dengan seni baca al-qur'an yaitu membaca al-qur'an sesuai dengan lantunan tertentu yang menonjolkan sisi keindahan kalimat dalam ayat al-qur'an. Hal itu merupakan bagian terkuat kemukjizatan.

"MTQ juga mempunyai nilai strategis dalam mendorong umat Islam untuk lebih memahami kitab suci al-qur'an. Diantara diturunkannya al-qur'an untuk dijadikan pedoman umat manusia terutama bagi orang yang bertaqwa dan menjadi pencerah bagi umat manusia untuk keluar dari kegelapan," ujarnya. RinaRisna