Adakan Rapat Evaluasi Bersama 112 Kepala MTsN, Ini Poin Penyampaian Kakanwil Kemenag Sumbar

Adakan Rapat Evaluasi Bersama 112 Kepala MTsN, Ini Poin Penyampaian Kakanwil Kemenag Sumbar

Padang, humas -- Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Sumbar H Hendri didampingi Kepala Bidang (Kabid) Pendidikan Madrasah (Penmad)  H Syamsul Arifin membuka sekaligus menyampaikan arahan pada kegiatan evaluasi program dan kegiatan bidang pendidikan madrasah yang diikuti 112 Kepala Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) se-provinsi Sumateta Barat, Kamis (26/11).


Kegiatan itu dilaksanakan di Aula Amal Bhakti I dan Ikut mendampingi Kakanwil dan Kabid Penmad, para Kepala Seksi dari Bidang Pendidikan Madrasah Kanwil Kemenag Sumbar.


Ada beberapa poin yang disampaikan Kakanwil  terkait evaluasi program dan kegiatan bidang pendidikan madrasah tahun 2020 diantaranya ucapan terimakasih dan apresiasi kepada segenap Kepala MTsN yang telah menyelesaikan Rencana Strategis (Renstra) Madrasah tahun 2020-2024  dan telah mengikuti asesmen Kompetensi guru (AKG), Asesmen Kompetensi Kepala (AKG) dan Asesmen Kompetensi Pengawas (AKP).


Kakanwil juga mengucapkan selamat dan sukses atas prestasi Madrasah yang telah meraih peringkat VI Nasional dalam ajang Kompetisi Sains Madrasah Online (KSMO) tahun 2020 yang diselenggarakan beberapa waktu lalu.


Selain itu, poin yang  menjadi fokus Kakanwil saat rapat evaluasi itu yakni mengenai evaluasi capaian prosentase realisasi anggaran pada masing-masing Satker Madrasah pada periode 25  November 2020.


" Pada tahun anggaran 2021 nanti, Insyaallah direncanakan akan dilaksanakan kembali Penilaian Kinerja Kepala Madrasah (PKKM) MIN, MTsN dan MAN maka untuk itu diminta mempersiapkan sebaik-baiknya dalam rangka peningkatan mutu serta manajemen Madrasah yeng lebih baik di masa akan datang", ungkap Kakanwil.
lebih lanjut H Hendri juga memberitahukan rencana di bulan Maret dan April akan dilaksanakan Asesmen Calon Kepala Madrasah dan Calon Pengawas Madrasah.


Terakhir poin evaluasi yang ditekan Kakanwil adalah meminta setiap Kepala MTsN mempelajari dan memahami panduan pembelajaran semester genap tahun pelajaran 2020/2021 mulai Januari 2021 tentang diperbolehkan pembelajaran tatap muka di masa New Normal.


Sebelumnya Kabid Pendmad H Syamsul Arifin dalam hantaran kata juga menyampaikan poin evaluasi secara singkat sebagai bahan pembuka dalam rapat dinas tersebut. (rzk)