Operator EMIS MIN 7 Pessel Ikuti Sosialisasi Virtual EMIS Madrasah.

Operator EMIS MIN 7 Pessel Ikuti Sosialisasi Virtual EMIS Madrasah.

Painan, Humas -- Berdasarkan surat Direktorat Jenderal (Dirjen) Pendidikan Islam Kementerian Agama RI Nomor: B-1833/DJ.I/Set.I/HM.00/09/2020 tanggal 2 September 2020 perihal Pengantar Pemutakhiran Data EMIS Madrasah Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2020/2021, Bidang  Pendidikan Madrasah (Pendmad) Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama Provinsi Sumatera Barat melalui Kepala Kantor Kemenag Pessel melaksanakan kegiatan sosialisasi EMIS Madrasah Semester Ganjil TP.2020/2021, Selasa (1/12). 

Kegiatan sosialisasi EMIS ini dilaksanakan di MIN 5 Pessel yang diikuti oleh beberapa madrasah yang berada di zona Bayang, Bayang Utara, dan IV Jurai. Kegiatan ini dimulai pukul 08.00 WIB sampai selesai melalui pertemuan virtual (zoom meeting). 

Nara sumber dalam kegiatan itu adalah Kepala Bidang (Kabid) Pendmad  H. Syamsul Arifin beserta Kepala Seksi Mofri Antoni, H. Dodi Irawan Syarif, dan Pusdatin Kemdikbud RI

Kegiatan Sosialisasi EMIS ini langsung dibuka oleh Kepala Kanwil yang diwakili  (Kabid) Bidang Pendmad Kanwil  Kementerian Agama Provinsi Sumatera Barat H. Syamsul Arifin. Dalam sambutannya H Syamsul Arifin menyampaikan beberapa point terkait dengan EMIS diantaranya pemutakhiran data EMIS Madarasah semester ganjil TP. 2020/2021 dilakukan melalui dua pilihan aplikasi pendataan, yaitu melalui aplikasi Feeder EMIS dan aplikasi EMIS Online.

"Setiap satuan pendidikan RA/Madrasah hanya diperkenankan melakukan pemutakhiran data EMIS melalui salah satu aplikasi pendataan yang telah disediakan; dan juga satuan pendidikan RA/Madrasah yang tidak melakukan pemutakhiran data EMIS, tidak berhak mendapatkan layanan dalam bentuk apapun. "Tutup H. Syamsul Arifin dalam sambutannya. 

Menurut Marwan selaku Operator dari MIN 7 Pessel mengatakan banyak pengetahuan yang diperolehnya  setelah mengikuti Sosialisasi tersebut.

"kita sebagai operator banyak mendapatkan ilmu yang diberikan oleh Nara sumber tentang cara pemutakhiran data EMIS semester ganjil dan apapun jadwal pelaksanaan  pemutakhiran data EMIS Madrasah Semester Ganjil TP. 2020/2021 dimulai terhitung tanggal 7 September 2020 sampai dengan 31 Desember 2020", ungkapnya. [Melni]rzk