Kakanwil Kemenag Sumbar H. Hendri Dukung Rancangan Aksi Perubahan Irwan, Ini Alasannya

Kakanwil Kemenag Sumbar H. Hendri Dukung Rancangan Aksi Perubahan Irwan, Ini Alasannya
Kakanwil Kemenag Sumbar H. Hendri Dukung Rancangan Aksi Perubahan Irwan, Ini Alasannya

Padang, Humas -- Terlihat senyum bahagia terpancar dari wajah Kepala Bagian Tata Usaha Kanwil Kemenag Sumbar, H. Irwan sesaat setelah sidang Rancangan Aksi Perubahan (RAP) Peserta Pelatihan Jarak Jauh (PJJ) Pelatihan Kepemimpinan Adminstrator (PKA) Angkatan III yang digelar oleh Pusdiklat Tenaga Administrasi Kementerian Agama untuk Tahun 2020. Betapa tidak, dalam sidang, Ali Rohmad selaku Penguji yang menjabat Kepala Biro Perencana ini menyampaikan apresiasi Excelent atas presentasi dan atas RAP yang disampaikannya saat sidang tadi.

Sidang dilaksanakan secara daring pada hari ini Kamis (10/12/2020) tepat pukul 10.15 WIB menghadirkan Ali Rohmad  Kepala Biro Perencana sebagai Penguji, H. Hendri Kakanwil Kemenag Sumbar sebagai Mentor, Muhammad Nijam sebagai Coach yang bertindak sebagai host sidang dan peserta ujian H. Irwan Kaabga TU Kanwil Kemenag Sumbar.

Atas waktu dan kesempatan yang diberikan kepada Irwan untuk menyampaikan presentasi dihadapan para penguji, mentor dan coach yang hadir, Irwan memanfaatkan dengan menyampaikan hal-hal yang dirasa penting dari laporan RAP  yang telah ia susun dengan judul “ Peningkatan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) dengan Aplikasi Si-Guntur ( Sistem Informasi E-Goverment Terstruktur) pada Kanwil Kemenag Sumbar.

Pertama-tama Irwan menjelaskan dasar, teori dan manfaat yang dapat diperoleh dari aplikasi yang telah ia rancang. Tak berlama-lama ditahap teori Irwan memanfaatkan waktu untuk mejelaskan dan memperlihatkan langsung tahap demi tahap aplikasi yang telah ia rancang, sembari menjelaskan keutamaan serta keunggulan-keunggulan aplikasinya.

Dengan mantap dan tegas semua menjelasan ia sampaikan sehingga membuat para yang hadir dalam zoom meeting menjadi paham dan sangat tertarik dengan aplikasi Si-Guntur tersebut.

Kemudian Ali Rochmad selaku Penguji berkesempatan bertanya dan meberikan tanggapan atas presentasi yang telah dilakukan Irwan. Ali memberi pujian atas karya Irwan dengan kata”Excelent” dan melanjutkan apresiasinya karena Irwan berhasil mendayagunakan para Pranata Komputer yang ada di Kanwil dalam melaksanakan Aksi Perubahan ini.

Selanjutnya Ali hanya memberikan saran agar mempertajam lagi keadaan sebelum dan sesudah aplikasi ini diterapkan serta meminta Irwan memikirkan hambatan yang kira-kira akan dialami setelah aplikasi ini berjalan.

Selaku Mentor, H. Hendri Kankanwil Kemenga Sumbar yang dihadir di zoom metting juga mengapresiasi Aksi Perubahan ini, dan berharap Aplikasi ini segera diterapkan dan bisa berguna bagi masyarakat dan satker dijajaran Kemenag Sumbar.

Hendri juga menyampaikan ia mendukung Aksi Perubahan yang disampaikan Irwan  ini dengan enam alasan, pertama aksi perubahan ini memutus mata rantai KKN, kedua aksi perubahan ini Meningkatkan Pelayanan, sebagai contoh dengan aplikasi ini bisa melakukan disposisi online sehingga dapat dilakukan dimana saja, tentunya akan lebih memudahkan dan layanan menjadi lebih cepat.

Kemudian Hendri melanjutkan, ketiga aksi perubahan ini mendukung visi dan misi Kementerian Agama, keempat aksi perubahan ini merupakan aplikasi yang adaptif yang bisa menyesuaikan dengan kemajuan zaman dn dapat menyesuaikan dengan keadaan di Kanwil Kemenag Sumbar.

Alasan selanjutnya adalah Aplikasi ini menampilkan wajah Kementerian Agama yang maju sehingga merobah image masyarakat tentang Kementerian Agama. Dan alasan teakhir adalah, aksi ini mendukung Reformasi Birokrasi di kalangan Kemenag khusunya.

Diakhir sambutan Hendri menyampaikan harapannya agar aplikasi ini segera di implemetasikan di lingkungan Kanwil Kemenag Sumbar dan jajaran. (Mira)