"Mencari Ilmu Menambah Pengetahuan" MAN 1 Agam Studi Banding Ke MAN 1 Bukittinggi

"Mencari Ilmu Menambah Pengetahuan" MAN 1 Agam Studi Banding Ke MAN 1 Bukittinggi

Maninjau Humas, "Baguru ka nan pandai,batanyo ka nan tau, batenggang ka nan bapunyo " begitulah falsafah orang Minangkabau untuk belajar tentang kehidupan. MAN 1Bukittinggi  salah satu Madrasah yang sering di jadikan Madrasah study banding bagi Madrasah yang berada di lingkungan Kota Bukittinggi dan Madrasah yang berada di Kabupaten yang lain.  Hal ini dikarenakan karna MAN 1Bukittinggi salah satu Madrasah yang berada di barisan depan. Tidak hanya unggul di sisi Proses belajar mengajar juga terampil dalam keterampilan. 

Hari ini Kamis 17 Desember 2020  Rombongan MAN 1Agam menyempatkan diri untuk datang ke MAN 1 Bukittinggi dalam rangka mencari pengalaman dan menimba pengetahuan. Rombongan yang dipimpin oleh Kepala MAN 1Agam Azizul Hayati dan di ikuti sejumlah Wakil Kepala dan beberapa Guru MAN 1Agam disambut oleh  Irsyad selaku Kepala MAN 1 Bukittinggi dan kegiatan kekeluargaan ini dipusatkan dikantor kepala MAN 1 Bukittinggi.

 "Alhamdulillah kita Reunian" sapa Irsyad mantan kepala MAN Maninjau( sekarang MAN 1Agam) sesaat menyambut kedatangan  rombongan, dalam diskusi lebih kurang 3 jam kepala MAN 1 Agam Azizul Hayati mengutarakan beberapa hal yang menjadikan MAN 1 Bukittinggi  saat ini terdepan dalam bidang PBM dan Keterampilan." Ujarnya.

Irsyad memaparkan" alhmdulillah berkat tekad dan kerjasama yang baik sekarang ini MAN 1 Bukittinggi  sudah bisa melahirkan beberapa keterampilan yang berwawasan lingkungan seperti mengolah Makanan, dari bahan mentah sampai kepada memasarkan.

Begitu juga dengan halnya dengan keterampilan Las Listrik dimana meja dan kursi belajar sudah diproduksi sendiri oleh MAN 1 Bukittinggi.

Lebih lanjut Irsyad menuturkan bahwa untuk memulai sesuatu harus ada rencana yang terukur sehingga apapun kreatifitas yang lahir dapat di pasarkan ditengah masyarakat. 

Lebih dari itu, Irsyad menjelaskan kepada rombongan MAN 1 Agam,  sebenarnya banyak hal yang harus dikembangkan oleh MAN 1 Agam,  yang pada akhirnya mampu menambah keahlian peserta didik. Terlebih lagi Daerah Maninjau adalah daerah yang potensial bagi ekonomi. Misalnya saja Produksi Danau Maninjau seperti Bada dan Rinuak.  Bisa saja di kemas dan pasarkan sesuai dengan tuntutan perkembangan zaman. bisa jadi kemasan yang menarik dan mudah diterima di dunia pasar. begitu juga dengan Las Listrik dan Keterampilan lainya, sambungnya. 

"MAN 1 Bukittinggi sudah punya izin untuk label Makanan dan Pakaian, "Jelas Mantan Kasi mapenda Agam ini.

Usai Diskusi Rombongan MAN 1Agam dipandu oleh Pak Jon selaku Guru teknik Las MAN 1 Bukittinggi ke ruangan pengelasan, Pusaka,Ruang APHP serta tata busana guna melihat langsung kegiatan di Masing masing kegiatan..

Salah seorang rombongan MAN 1Agam Medios  mengatakan "Banyak ilmu yang bisa kita adopsi dari kegiatan ini dan Insya Allah kita coba kembangkan di MAN 1 Agam. " Imbuhnya.

"Memang untuk menambah minat calon siswa untuk mau bersekolah di sekolah kita harus ada ciri khas dari sekolah tersebut," tegas guru fisika ini .(Hasnan)