H. Hendri Minta Kepala KUA Wujudkan Masyarakat Shaleh

H. Hendri Minta Kepala KUA Wujudkan Masyarakat Shaleh

Padang, Inmas -- Bidang Urusan Agama Islam Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi menyelenggarakan kegiatan Koordinasi, Sosialisasi dan Pembinaan Kepenghuluan yang diikuti 33 orang peserta yang berasal dari KUA  se-Sumbar, Sabtu (19/12) bertempat di Hotel UNP Padang. Hadir membuka kegiatan, Kakanwil Kemenag Sumbar H. Hendri didampingi Kabid Urais H. Edison, Kasi Kepenghuluan H. Syafalmart, Kasi Bina Paham Keagamaan dan Perpustakaan Islam H. Yasril, serta diikuti 33 orang peserta yang berasal dari KUA se-Sumbar.

Dalam laporannya, H. Edison menyampaikan bahwa kegiatan ini dilaksanakan berdasarkan aturan dan regulasi, terutama  Peraturan Menteri Agama No. 34 Tahun 2016 tugas dan fungsi KUA itu ada sembilan ;

1. Pelaksanaan pelayanan, pengawasan, pencatatan dan pelaporan nikah dan rujuk,
2. Penyusunan statistik layanan dan bimbingan masyarakat Islam,
3. Pengelolaan dokumentasi dan system informasi manajemen KUA Kecamatan,
4. Pelayanan bimbingan keluarga sakinah,
5. Pelayanan bimbingan kemasjidan,
6. Pelayanan bimbingan hisab rukyat dan pembinaan Syariah,
7. Pelayanan bimbingan dan penerangan agama Islam,
8. Pelayanan bimbingan zakat dan wakaf,
9. Pelayanan ketatausahaan dan kerumahtanggaan KUA Kecamatan.

Selain itu, Permenpan 9 tahun 2019 tentang Jabatan Fungsional Penghulu dan Angka Kreditnya juga menjadi landasan terselenggaranya kegiatan ini.

H. Hendri dalam sambutannya menyampaikan bahwa tugas Penghulu ini sangat luar biasa. H. Hendri memaparkan sebagian besar tugas Kementerian Agama dilaksanakan pada KUA Kecamatan, "ASN yang dilantik menjadi Penghulu dan Kepala KUA merupakan orang orang pilihan. Pada Renstra Kementerian Agama 2020-2024 telah disebutkan bahwa Kementerian Agama harus mampu mewujudkan masyarakat yang shaleh, maka dari itu ini merupakan PR kita bersama.(rhama)