KMA 494 Tahun 2020 adalah Keputusan Terbaik Demi Kemaslahatan Umat

KMA 494 Tahun 2020 adalah Keputusan Terbaik Demi Kemaslahatan Umat
KMA 494 Tahun 2020 adalah Keputusan Terbaik Demi Kemaslahatan Umat
KMA 494 Tahun 2020 adalah Keputusan Terbaik Demi Kemaslahatan Umat

Agam, Humas -- Keputusan Menteri Agama (KMA) Nomor 494 Tahun 2020 tentang Pembatalan Keberangkatan Haji Tahun 2020 adalah sebuah keputusan terbaik yang sesuai dengan Keputusan Pemerintah Arab Saudi untuk menjaga kemaslahatan umat Islam di seluruh dunia. 

Hal ini disampaikan oleh Anggota Komisi VIII DPR RI, H. John Kenedy Azis dalam paparannya mengenai Kebijakannya Pemerintah mengenai Pembatalan Keberangkatan Haji Tahun 1441 H/2020 M dalam Diseminasi Pembatalan Keberangkatan Jamaah Haji Tahun 1441 H/2020 M Angkatan  5 (Lima) pada hari Rabu (23/12) di Hotel Grand Rocky Bukittinggi. 

Lebih lanjut anggota DPR RI yang akrab dipanggil John dengan didampingi oleh Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sumatera Barat yang diwakili Kepala Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kanwil Kemenag Provinsi Sumatera Barat, J. Joben dan Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Agam, H. Edy Oktafiandi menuturkan bahwa dengan pembatalan keberangkatan haji tersebut Kemenag dapat memanfaatkan waktu dengan maksimal untuk menyiapkan  pelaksanaan haji yang lebih baik di tahun 2021 yang akan datang yaitu : optimalisasi layanan dan mengembangkan materi-materi manasik secara daring. 

Dalam kesempatan ini juga H. John Kenedy Azis berharap para jamaah haji tidak khawatir mengenai keuangan Haji dari pelunasan Haji mereka karena keuangan Haji dikelola secara syariah yang tidak bertentangan dengan hukum Islam dan penggunaannya dilakukan secara transparan mutlak untuk kebutuhan jamaah haji dan diketahui oleh DPR RI. 

Kegiatan yang diselenggarakan oleh Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kanwil Kemenag Provinsi Sumbar ini diikuti oleh 100 orang peserta yang terdiri dari utusan Kanwil Kemenag Provinsi Sumbar, ASN Kan Kemenag Kabupaten Agam, Penyuluh Agama Islam, Jamaah Haji dan Mahasiswa Kabupaten Agam dengan narasumber Anggota Komisi VIII DPR RI, H. John Kenedy Azis dan Kepala Kanwil Kemenag Provinsi Sumatera Barat, H. Hendri. 

Rina, salah satu peserta diseminasi dari jamaah haji dan juga Penyuluh Agama Islam Kecamatan Sungaipua Kabupaten Agam puas atas paparan dari anggota komisi VIII DPR RI karena lega dengan adanya kebijakan pemerintah terhadap perlindungan jamaah haji yang batal berangkat Haji tahun 1441 H/2020 M yang disebabkan pandemi COVID-19. Ia juga berharap dapat berangkat di tahun 2021 tanpa ada penundaan atau pembatalan lagi. Syef *rzk