Persiapan Pelaksanaan SBSN Pembangunan KUA 2021, Kanwil Kemenag Sumbar Lakukan Studi Tiru

Persiapan Pelaksanaan SBSN  Pembangunan KUA 2021, Kanwil Kemenag Sumbar Lakukan Studi Tiru

Bandar Lampung, Humas -- Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sumatera Barat melalui Bidang Urais  yang dilaksanakan oleh Seksi Bina Lembaga Sarana Prasarana KUA dan Sistem Informasi Urais melakukan Studi Tiru ke KUA Kec.Kemiling Kota Bandar Lampung Provinsi Lampung.

 

Alasan besar Studi tiru dilakukan ke KUA tersebut karen KUA ini peraih pelaksanaan SBSN terbaik pada Tahun 2018.

 

Studi tiru ini dilakukan pada hari Selasa (29/12/2020). Rombongan dipimpin langsung oleh Kepala Bidang Urais Kanwil Kemenag Sumbar H. Edison bersama Analis Kebijakan yang sebelumnya Kepala pada seksi Bina Lembaga Sarana Prasarana KUA dan Sistem Informasi Urais Yosef Chairul, Kepala Seksi Sarana dan Prasana Bidang Pendidikan Madrasah, H. Firdaus, bersama JFU pada seksi tersebut sebagai pengelola SBSN Januar serta Jasrial dan Elfida Trisna serta Pranata Komputer pada Kanwil Yesfi Mira Andria.

 

Rombongan langsung menuju KUA tersebut dan disambut langsung oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Bandar Lampung, Kepala Seksi Bina Lembaga Sarana Prasarana KUA dan Sistem Informasi Urais Kanwil Lampung , Kasi Bimas Islam Kantor Kemenag Kota Bandar Lampung, Kepala KUA Kc. Kemiling, serta jajaran hadir juga bersama rombongan Pranata Komputer di Kemenag Kota Bandar Lampung Muhammad Firdaus.

 

Dalam sambutannya kepala Kantor Kementerian Agama Kota Bandar Lampung sebagai tuan rumah menyampaikan, bahwa Kantor Urusan Agama (KUA) kecamatan Kemiling ini dibangun mellaui SBSN Tahun 2018 dan diberi penghargaan sebagai SBSN terbaik pada Tahun 2019. Untuk Tahun 2020 ini SBSN terbaik masih diraih oleh Provinsi Lampung yakni KUA Pesisir Barat.

 

Seiirng dengan sambutan dari tuan rumah, H. Edison Kabid Urais Kanwil Kemenag Sumbar juga mnyampaikan beberapa patah kata dam menyampaikan maksud kedatangannya beserta rombongan.

 

Pertama-tama ia menyapaikan salam maaf Kakanwil Kemenag Sumbar, yang berhalangan tidak bisa ikut serta bersama rombongan studi tiru ini. Kemudian ia moho maaf, bila kehadirannya dan rombongan mengganggu kegiatan yang telah di agendakan di KUA Kec. Kemiling, mengganggu jadwal Kakankemenag besreta jajaran.

 

Ia juga kemudian menyampaikan maksud kedatangannya, ia melihat lebih jauh proses perencaan hingga pelaksanaan SBSN di KUA Kec. Kemiling sehingga meraih peringkat SBSN terbaik Tahun 2018.

 

Menjawab apa tujuan studi tiru ini, Kakankemenag Kota Bandar Lampung menjawab, bahwa sebelum menjabat sebagai Kakankemenag Kota Banda lampung, ia sudah memikirkan dan berbuat banyak untuk kemajuan KUA. Dan setelah menjabat Kakankemenag Kota Bandar Lampung ia semakin banyak berbuat untuk KUA. Salam satu triknya adalah berkoordinasi dan menjalin hubungan baik dengan pemerintah kota, sehingga pemerintah Kota membantu berbagai kegiata keagaam yang dikelola Kemenag termasuk juga bantuan dan fasilitas untuk KUA. Terlihat banyak bantuan dan support yang telah di gelontorkan pemko untuk kegiatan keagamaan termasuk juga bagi penyuluh honorer, ujarnya.

 

Lebih lanjut ia menjelasknan trik-trik bagaimana bisa meraih prestasi SBSN terbaik, Prinsipnya kakankemenag melakukakn segala sesuatu dengan cepat dan bangun kebersamaan dengan perencaana dan melaksanakan kegiatan. Trik selanjutnya adalah Perencaan yang baik sehingga dapat SBSN dan direncanakan dengan baik dan cepat untuk pelaksaan.

 

Kakankemenag juga kembali membeberkan Kiat agar raih yang terbaik, buat tim yang solid mulai dari kasi sarpras, perencana di kanwil, hingga pihak terkait di kakankemenag dan KUA, tegasnya. Kemudian segera bentuk pejabat pengadaan dan pelaksana  dan rajin melaporkan progress pembangunan biar bisa cepat selesai dan ditanggapi pimpinan.Dan trik terakhir segera eksekusi saat sudah ada dana dan jangan ditunda-tunda, akhirnya. (Mira)