Plt. Kakankemenag Sawahlunto Imbau Jajaran Terapkan Transaksi Non Tunai 100 Persen

Plt. Kakankemenag Sawahlunto Imbau Jajaran Terapkan Transaksi Non Tunai 100 Persen

Sawahlunto, Humas-Pelaksana tugas (Plt) Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Sawahlunto, Eri Iswandi mengimbau pengelola keuangan supaya menerapkan transaksi tunai (CMS) 100 persen tahun ini kendati yang akan dibayarkan itu dalam skala kecil seperti biaya perjalanan dinas.

"Sebenarnya CMS membantu bendahara terhindar dari hal-hal tak diinginkan dan lebih aman," ujarnya memberikan arahan pada rapat bedah DIPA 2021 Kemenag Kota Sawahlunto, Selasa (12/1).

Disamping itu,  Eri mengingatkan, antara pengelola keuangan dengan sistem dan pejabat terkait harus senantiasa berkomunikasi secara rutin. 

Terkait rencana realisasi anggaran, Ia pun menuturkan agar disiapkan secara matang jadwal (schedule) kegiatan termasuk TOR maupun Rencana Anggaran Biaya (RAB) 

"Realisasi anggaran harus sesuai aturan," pintanya yang kini juga sedang menjabat Kepala Kankemenag Kota Solok di Aula Kemenag Kota Sawahlunto. 

Disampaikan pula, satuan kerja/unit dan seksi yang ada di lingkungan Kemenag Sawahlunto untuk kembali memeriksa seluruh bentuk pertanggungjawaban kegiatan 2020 kemaren. 

"Preteli satu persatu laporan yang telah dibuat, cek tanggalnya, jangan sampai tercecer menjelang akhir bulan ini," ungkapnya.

Menjawab pertanyaan peserta rapat tentang perlunya keserasian format surat tugas, proposal dan laporan kegiatan di internal Kemenag, Ia sangat mendukung hal itu. 

"Saya setuju adanya kesamaan model format laporan, nanti sepakati bersama bentuknya seperti apa," demikian sebut Eri.

Selama pertemuan berlangsung, hadir Kasubbag TU, para kepala seksi, penyelenggara zakat dan wakaf serta Kepala madrasah ibtidaiyah negeri. (f@hmi)vn