Kemenag Lima Puluh Kota Pantau Pemanfaatan BOP TPQ/MDTA Kecamatan Kapur IX

Kemenag Lima Puluh Kota Pantau Pemanfaatan BOP TPQ/MDTA Kecamatan Kapur IX

Sarilamak, Humas -- Kementerian Agama Republik Indonesia telah menyalurkan Bantuan Operasional Pesantren dan Lembaga Pendidikan Keagamaan dimasa Covid 19 melalui anggaran Tahun 2020. Dalam upaya memastikan BOP penyaluran BOP tersebut Tepat Sasaran, Tepat Pengunaan serta tepat Pelaporan. Kemenag Lima Puluh Kota (14/01) melakukan kegiatan monitoring di Kecamatan Kapur IX. 

Tim monitoring diketuai langsung oleh H. Naharudin Kakan Kemenag Lima Puluh Kota, DR. H.Ifkar Kasi Pd. Pontren, Efri Yani,  Nurweizet JFU Pada seksi Pd Pontren dan Alfhia Parma Pengelola Bahan Siaran dan pemberitaan. Kegiatan strategis tersebut dipusatkan di Kantor KUA Kecamatan Kapur IX. 

H.Naharudin Kakan Kemenag Lima Puluh Kota disela-sela melepas tim monitoring menyampaikan, "Pemerintah melalui Kementerian Agama telah menyalurkan dana yang besar dalam penanggulangan Covid 19 Khususnya bantuan operasional untuk MDTA/TPQ dan Pondok Pesantren. Saya berharap seluruh bantuan tersebut dapat digunakan secara tepat sasaran, tepat pengunaan serta tepat pelaporan nya." 

Disisi lain, Kakan Kemenag menjelaskan, "Lembaga Pendidikan Kegamaan Islam, Pesantren. TPQ/MDTA merupakan pilar terpenting dalam melahirkan generasi Islami yang qurani oleh sebab itu Kakan Kemenag mengajak seluruh stakeholder dan masyarakat untuk bahu membahu dalam meningkatkan kualitas pendidikan di Lembaga tersebut." 

Sementara itu H. Ifkar Kasi Pd. Pontren dihadapan pengelola TPQ/MDTA se Kecamatan Kapur IX menjelaskan, "BOP Pesantren dan Lembaga Pendidikan Keagamaan merupakan program Nasional yang diharapkan dapat membantu proses pendidikan di TPQ/MTDA selama masa pandemi Covid 19. Bantuan tersebut lanjut H. Ifkar harus dilaksanakan sesuai dengan petunjuk teknis yang ada, dimana secara umum bantuan tersebut diprioritaskan untuk memutus mata rantai Covid 19 serta upaya mewujudkan linkungan pendidikan yang aman dari COVID-19." 

Terkait dengan eksistensi TPQ/MDTA H. Ifkar menjelaskan, Kementerian Agama memiliki komitmen yang kaut dalam meningkatkan kualitas serta pendidikan di TPQ/MDTA, komitmen tersebut tentu perlu dukungan nyata dari pengurus, wali murid, masyarakat, oleh sebab itu H. Ifkar mengajak seluruh yang hadir untuk terus mewakafkan diri dalam mengelola TPQ/MDTA.

"Ditengah keterbatasan dana saya bangga dengan pengabdian yang telah Bapak/Ibu lakukan dalam memastikan pelaksanaan pembelajaran di TPQ/MDTA terus dapat mengeliat kearah yang lebih baik lagi. Mudah-mudahan segala pengorbanan tersebut menjadi catatan amal kebaikan", harap putra Piladang ini. (APP)