Kiprah Penyuluh Agama Islam dan Eksistensi Kanwil Kemenag

Kiprah Penyuluh Agama Islam dan Eksistensi Kanwil Kemenag

Padang, Humas --  Menindak lanjuti arahan Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Prov. Sumbar kepada seluruh ASN termasuk Penyuluh Agama Islam Fungsional (PAIF) agar terus berbenah dan meningkatkan kualitas dan kapasitas pelayanan kepada umat dalam rangka membangun masyarakat yang shaleh, PAIF Kanwil membentuk beberapa kelompok/objek binaan.

Hal tersebut diutarakan Ketua Kelompok Kerja Penyuluh (Pokjaluh) Kanwil Kemenag Sumbar, Parlaungan saat memberikan pembinaan kepada Dharmawanita Persatuan Provinsi Sumatra Barat di Kantor Gubernur Sumbar bersama dua orang penyuluh lainnya, Bakri dan Reni Hasrin, Jum’at (15/1).

“Sesuai arahan pimpinan yang juga tertulis di Juknis di KMA No 516 Tahun 2003 bahwa penyuluh agama adalah pegawai lapangan yang mempunyai tugas dan fungsi bersifat informatif, konsultatif, edukatif dan advokatif harus terjun langsung ke masyarakat atau kelompok atau organisasi,” ungkap Parlaungan.

“Hal itu membuka ruang bagi kami untuk bersinergi, berkoordinasi dan bekerjasama dengan instansi/lembaga bahkan masyarakat umum yang mau memanfaatkan program yang kami tawarkan tanpa dipungut biaya apapun,” tambahnya lagi.

“Sama seperti tahun-tahun sebelumnya, untuk tahun 2021 ini kami telah membentuk sepuluh kelompok binaan. Satu diantaranya kelompok binaan DWP Provinsi Sumbar ini yang diselenggarakan setiap minggu hingga akhir tahun dan selama pandemi berlangsung ini merupakan kali pertama adanya pertemuan tatap muka kembali dengan tetap menerapkan prokes,” akunya.

Senada dengan Parlaungan, Bakri menyampaikan tahun ini, DWP Sumbar meminta tambahan materi Fiqih Ibadah dan wawasan keagamaan lainnya disamping bimbingan Tahsinul Quran rutin yang biasanya mereka terima.

“Kita telah menyiapkan silabus mengenai materi apa saja yang akan disampaikan dan didiskusikan pada taklim selanjutnya di masing-masing objek binaan yang telah bersedia bekerjasama,” terang Bakri.

Mengenai manfaat yang diperoleh, Ketua DWP Prov. Sumbar, Ny. Linda Alwis menyampaikan rasa syukurnya atas kesediaan PAIF Kanwil membimbing seluruh anggota DWP dalam bidang keagamaan.

“Kami sangat senang dan bersyukur dengan adanya program ini (Tahsinul Quran). Sangat membantu. Ada yang kurang lancar menjadi sedikit lancar. Ada yang lupa menjadi ingat,” akunya lagi.

“Oleh karena itu kami meminta tambahan waktu dan materi lain sehingga wawasan keagamaan kami lebih banyak dan jelas,” tambahnya.

“Terimakasih atas bimbingannya bapak ibuk penyuluh Kanwil Kemenag. Semoga bernilai ibadah di sisi Allah SWT dan lebih banyak lagi menyentuh masyarakat lainnya sehingga kehadiran Kemenag di tengah-tengah umat lebih nyata adanya,” tukuknya. vn