Kemenag Dharmasraya Laksanakan Sosialisasi Pengunaan Dana BOP RA

Kemenag Dharmasraya Laksanakan Sosialisasi Pengunaan Dana BOP RA

Dharmasraya, Humas—Seksi Pendidikan Madrasah (Penmad) Kantor Kementerian Agama Kabupaten Dharmasraya laksanakan Sosialisasi Pengunaan Dana BOP untuk RA Kabupaten Dharmasraya di Aula KUB Dharmasraya, Jumat (15/01).

Dihadapan seluruh peserta sosialiasi yang berjumlah 66 orang, Kasi Penmad, H. Sulhan Harahap menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan kegiatan yang pertama pada DIPA tahun 2021, yaitu Pelaksanaan Sosialiasi Pengelolaan BOP kepada RA. Menurutnya, salah satu tujuan dari dikucurkan dana BOP adalah untuk meningkatkan mutu pembelajaran di setiap RA.

“Tahun dua ribu dua puluh, anggaran BOP RA sebenarnya sudah ditambah. Hanya saja dipangkas karena pandemi corona,” jelasnya.

Katanya pula, untuk tahun 2021, dana BOP dan dana BOS akan tetap dinaikkan menjadi 600 ribu rupiah. Ia berharap kelak tidak akan ada lagi pemotongan anggaran untuk tahun ini.

“Sebenarnya tanpa BOP pun, RA tetap mampu menjalankan kegiatan belajar mengajar dengan baik. Tetapi dengan BOP, harusnya bisa membuatnya menjadi lebih baik. Mudah-mudahan dana ini bermanfaat bagi RA di masa mendatang,” tutupnya.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Dharmasraya yang diwakili Kasubbag TU, H. Hamid Arwani dalam pembukaannya mengatakan salah satu penyebab alasan kenapa RA, PAUD dan TK, kebanyakan diisi oleh tenaga pengajar perempuan adalah karena hal tersebut merupakan jembatan pertama sebagai pendidikan keluarga.

“Pertama masuk, anak-anak masih terikat kepada keluarganya. Maka wajah pengajar yang paling dekat adalah ibu-ibu dibandingkan para bapak. Karena secara psikologis, ibu lebih dekat dan memahami karaktar anak-anak,” bukanya.

Peserta yang terdiri dari 1 orang kepala RA dan 1 orang pengelola BOP yang terdiri dari 33 RA se-Kabupaten Dharmasraya tersebut bersorak. Kakan Kemenag pun mengucapkan syukur terkait peningkatan anggaran BOP RA untuk tahun 2021.

“Alhamdulillah, tahun ini ada peningkatan. Harapan kita, BOP semester satu akan segera dicairkan. Dengan catatan, semua persyaratan sudah bisa dipenuhi,” pungkasnya. (Indra)