Penyuluh Agama Koto VII Kunjungi Masyarakat Sawah Gadang

Penyuluh Agama Koto VII Kunjungi Masyarakat Sawah Gadang

Muaro Sijunjung (Humas) Penyuluh Agama Islam Kecamatan Koto VII Kabupaten Sijunjung kunjungi masyarakat Sawah Gadang Nagari Limo Koto, Sabtu (16/1) di Mushala Nurul Iman Sawah Gadang. Kunjungan merupakan pelaksanaan program rutin triwulan Bakti Masyarakat Forum Komunikasi Penyuluh Agama Islam Kecamatan Koto VII. Bakti masyarakat sudah terlaksana semenjak tahun 2019.

Kegiatan digelar selama dua hari, Sabtu-Minggu (16-17) Januari 2021 di Jorong Sawah Gadang Nagari Limo Koto. Kegiatan diawali sholat magrib berjamaah kemudian dilanjutkan belajar tilawah santri TPQ/TPsQ dipandu Syahlul menjelang sholat Isya. Setelah sholat Isya berjamaah dilanjutkan temu ramah dan ceramah agama oleh Penghulu KUA Koto VII, pertemuan dihadiri Ketua BPN nagari Limo Koto dan pemuka masyarakat H.L Gindo Sutan.

Minggu (17/1) dilanjutkan dengan Subuh berjamaah, ceramah subuh, kemudian goro bersama masyarakat. Tujuan kegiatan sebagai upaya dirasakannya keberadaan penyuluh agama oleh seluruh masyarakat khususnya kecamatan Koto VII. Sehingga syarat utama lokasi kegiatan adalah daerah terdalam terluar dan terjauh dari pusat kecamatan atau pusat pemerintahan nagari setempat di Kecamatan Koto VII.

Meski harus menempuh medan perjalanan yang sulit, menuntut penyuluh dan rombongan bermalam di lokasi, namun hal ini tidak menyurutkan semangat penyuluh untuk giat berbuat bagi masyarakat. Selain penyuluh agama Islam Non PNS, hadir juga Penyuluh Agama Islam Fungsional Kecamatan Koto VII Armen, Penghulu Fungsional KUA Kecamatan Koto VII Syahlul. Sukses pelaksanaan ini tidak terlepas dari dukungan penuh Kepala KUA Kecamatan Koto VII, demikian penuturan sekretaris FKPAI Kec Koto VII Nofriadi.

Diakhir acara sebagai buah tangan pengurus mushala Nurul Iman menerima 12 buah Al-Qur’an dan 10 buah Iqra’ dari Penyuluh Koto VII. Semoga Al-Qur’an dan Iqra’ ini bisa dimanfaatkan dengan baik, dan dapat menunjang kegiatan belajar santri TPQ/TPsQ, pesan Maryam ketua FKPAI Koto VII. (nori)