MGMP IPS Madrasah Perdana di MTsN 2 Pariaman

MGMP IPS  Madrasah Perdana di MTsN 2  Pariaman

Pariaman, Humas--Menindak lanjuti Surat Edaran  Dirjen Pendis, Kanwil Sumatera Barat dan Kemenag Kota Pariaman tentang Musyawarah Guru Mata Pelajaran, maka  MGMP IPS MTs se kota pariaman adakan pertemuan perdana  yang dibuka Kasi Pendis bertempat di MTsN 2 Kota Pariaman, Rabu (13/01).

Kegiatan MGMP  ini diadakan di MTsN 2 kota Pariaman dihadiri Kasi pendis Kemenag kota Pariaman, pengawas madrasah tingkat MTs di kota Pariaman, kepala MTsN 2 kota Pariaman  dan seluruh guru IPS yang ada di kemenag kota Pariaman.

Musyawarah Guru Mata Pelajaran ( MGMP ) merupakan wadah kegiatan kolektif guru dalam rangka mengembangkan profesi guru. Untuk itu maka penting bagi guru untuk mengadakan MGMP  guna menambah wawasan dan berbagi dengan teman lain madrasah.

Mira Charles sebagai ketua MGMP mata pelajaran IPS menyampaikan ucapan terima kasih pada kasi, pengawas dan kepala madrasah yang memfasilitasi kegiatan ini. Ia melaporkan bahwa MGMP IPS kemenag kota Pariaman berjumlah 15 orang yang terdiri dari MTs Negeri  dan swasta di lingkungan Kemenag kota Pariaman dan MGMP.

"Ini merupakan  pengembangan  diri berkelanjutan bagi guru  untuk meningkatkan profesinal, dan berguna untuk naik pangkat guru," ujarnya.

Sementara itu kepala MTsN 2 kota Pariaman, Emma Marni menyambut baik kegiatan ini. Emma Marni juga menyampaikan  hendaknya kegiatan ini  bisa memotivasi guru untuk mengembangkan diri dan bisa menjadi guru yang memotivator  yang hebat, menuju madrasah hebat bermartabat berkelas dunia.

Selanjutnya pengawas mata pelajaran IPS tingkat MTs menyampaikan bahwa dengan adanya MGMP dibentuk dengan tujuan yaitu : untuk meningkatkan mutu pendidikan, mengembangkan wawasan, penyaluran inspirasi guru mata pelajaran dan pengembangan keprofesian berkelanjutan. Syarat untuk terbentuknya MGMP ini harus ada struktur organisasi, ADRT, jadwal dan SK pengurus.

Kasi Pendis kemenag kota Pariaman memberikan arahan yaitu guru mata pelajaran harus  melengkapi referensi buku mata pelajaran  dan banyak membaca, guru akan ditiru dan digugu oleh siswa  maka oleh sebab itu  jadilah guru yang berakhlak mulia dan moral yang baik ditengah tengah masyarakat.

Dalam menjalankan tugas sebagai guru harus ada tiga indikator yang perlu disiapkan seperti: persiapan , pelaksanaan, dan evaluasi.(miracharles)