Kankemenag Pessel Laksanakan Rapat Koordinasi Keuangan TA 2021

Kankemenag Pessel Laksanakan Rapat Koordinasi Keuangan TA 2021

Painan, Humas -- Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pesisir Selatan mengadakan rapat koordinasi telaah Daftar Isian Penggunaan Anggaran (DIPA) Tahun Anggaran 2021 bersama kasubbag TU, kepala seksi dan penyelenggara, PPK, PPSPM, bendahara, serta pengelola keuangan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pesisir Selatan, Senin (18/1).

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pesisir Selatan, Abrar Munanda menyampaikan bahwa rapat koordinasi tersebut merupakan program kerja dan kinerja dengan tujuan untuk melihat sejauh mana program yang telah dilaksanakan. Selain itu juga rapat dilakukan terkait dengan penyerapan anggaran dan kinerja supaya memaksimalkan pencapaian kinerja menjadi lebih baik.

Pada kesempatan itu, kakan kemenag menyampaikan ucapan terima kasihnya kepada bendahara dan seluruh pengelola keuangan yang telah bekerja ekstra, sehingga realisasi anggaran tahun 2020 telah mencapai hasil maksimal sesuai dengan apa yang telah ditargetkan oleh menteri agama.

"Kita berharap pada tahun 2021 ini akan lebih maksimal lagi pencapaiannya," harap Kakan kemenag.

Kakan kemenag menyampaikan kepada peserta rapat, terutama para kepala seksi terkait dengan pengelolaan anggaran pada tahun 2021. Setelah rapat ini, kasi dan penyelenggara diharapkan segera membicarakan dengan stafnya terkait dengan kegiatan pada DIPA masing-masing.

Diminta kepada PPK, PPSPM, dan pengelola keuangan lainnya untuk menyusun langkah-langkah strategis, pelajari dan telaah DIPA masing-masing apabila ada terdapat pagu minus dan pagu surplus.

"Ini harus kita deteksi lebih awal, jangan sampai ketika sudah diakhir tahun, karena akan susah dalam merevisinya," ungkap Abrar Munanda.

Kakan Kemenag Pessel tersebut membeberkan beberapa langkah strategis yang dapat ditempuh dalam upaya memaksimalkan pencapaian hasil kinerja, yang pertama meningkatkan koordinasi dan sinergisitas, kedua penjadwalan kegiatan yang terukur sehingga tidak akan ada kegiatan yang sifatnya dadakan, kemudian yang ketiga adalah melakukan penelaahan DIPA, dan yang keempat pelaporan kegiatan yang tepat waktu.

"Jangan sampai ketika telah memasuki tahun anggaran baru, kita masih saja berkutat dalam penyelesaian kegiatan tahun sebelumnya," ujar kakan kemenag. (zn)