40 CPNS Kemenag Sumbar Formasi 2019 Terima SK di Awal 2021

40 CPNS Kemenag Sumbar Formasi 2019 Terima SK di Awal 2021

Padang (humas)- Ekspresi kegembiraan tidak bisa disembunyikan oleh 39 CPNS di lingkungan Kanwil Kemenag Sumbar. Pasalnya, hari ini Senin, 18 Januari 2021 mereka menerima SK Pengangkatan CPNS formasi 2019. Penyerahan SK diterima langsung oleh CPNS di aula Amal Bhakti 1 Lantai II Kanwil Kemenag Sumbar.

39 dari 40 CPNS tersebut berhak mendapatkan SK Pengangkatan CPNS setelah mengikuti sederet tahapan dan uji kompetensi yang cukup panjang.

H Hendri selaku Kakanwil Kemenag Sumbar mengucapkan selamat kepada seluruh CPNS yang telah menerima SK. 

 "Menjadi ASN adalah pilihan bapak/ibu, sehingga sudah menjadi konsekuensinya bapak/ibu melaksanakan seluruh ketentuan. Menjadi PNS banyak persaingan dan alhamdulilah bapak / ibu sukses melewati rangkaian test, maka tingkatkan selalu rasa syukur pada Allah SWT." Pesannya mengawali sambutan.

Ia menilai proses yang panjang mulai dari bulan November 2019, kemudian dilanjutkan pada tanggall 14 september 2020 adalah keberkahan dan rahmat Allah serta usaha para CPNS berhasil menembus formasi yang ada. "Semoga menjadi PNS profesional." Ungkapnya.

"Selamat datang dan selamat bergabung dengan Kanwil kemenag. Semoga kita bisa sairiang salangkah, kita bisa saciok bak ayam, sadanciang bak basi, kabukik samo mandaki, ka lurah samo manurun, tatungkuik samo makan tanah, tatilantang samo makan ambun, tentu saja dengan kebersamaan ini kita bisa membangun Kemenag sesuai dengan visi Kemenag,” pintanya.

H Hendri berharap, dengan resmi diangkat menjadi CPNS, kinerja calon calon aparatur menjadi lebih baik. Setiap PNS agar bisa menjaga nama baik pribadi maupun instansi.

Terlebih lagi Kementerian Agama adalah lembaga yang bergerak dalam bidang agama dan Keagamaan, maka wakafkanlah diri sebagai abdi negara mulai hari ini untuk melayani umat, sebutnya.  

Terakhir, Ia mengimbau dimanapun penempatannya, CPNS harus mampu beradaptasi dengan lingkungan kerja secepatnya, 

"Harus memiliki kecerdasan kultural, dimana bumi dipijak disitu langit dijunjung, karena bangsa Indonesia adalah bangsa yang majemuk" jelasnya menegaskan.

Sebelumnya Ketua panitia pelaksana Test CPNS Formasi 2019, Jarmil menjelaskan beberapa catatan penting dalam laporannya. Pertama, formasi CPNS sudah disebutkan oleh kemenag RI pada bulan 11 Tahun 2016. Adapun formasi untuk Kanwil adalah 40 formasi. Untuk tahun 2019 tidak ada formasi, mengingat hanya ada jabatan fungsional tertentu dan jabatan  pelaksana. 

Kedua, dilakukan pendaftaran secara online sampai seleksi administrasi. Masa sanggah itu dilaksanakan pada bulan nopember dan desember 2019, sambungnya. Sedangkan ujian SKD melalui CAT dilaksanakan pada tanggal 6-8 Maret 2020 lalu.

Tercatat dari 2418 orang yang mengikuti tahapan CAT, yang memenuhi passing grade yang ditetapkan BKN sebanyak 855 orang. "Maka untuk formasi kanwil dari 40 formasi 1 orang yang hanya bisa masuk," jelasnya.

Kemudian ketiga, untuk SKD yang semula direncanakan digelar pada bulan April. karena terjadinya bencana alam, maka SKD dilaksanakan melalui daring. 

"Pelaksanaan dilakukan dengan 3 tahap mulai dari praktek kerja, psikotes dan wawancara. "Katanya.

Jarmil menjelaskan dengan adanya pertimbangan teknis dari BKN, sudah selesai dilaksanakan  100%. "Dari 40 orang CPNS, ada satu yang tidak masuk karena harus menjalani masa isolasi mandiri."tukasnya.(vera)