Kemenag Padang Pariaman Gelar Tahsinul Quran Perdana di 2021

Kemenag Padang Pariaman Gelar Tahsinul Quran Perdana di 2021
Kemenag Padang Pariaman Gelar Tahsinul Quran Perdana di 2021

ASN di lingkungan Kemenag Kabupaten Padang Pariaman mengikuti kegiatan Tahsinul Quran dengan khusyuk yang dipandu oleh Pengawas Madrasah, Yahya, didampingi Kasubag Tata Usaha, H. Syafrizal di Mushalla Al-Mubarak, Jumat (29/1).

Padang Pariaman, Humas – Setelah sempat terhenti karena pandemi Covid-19, Kemenag Padang Pariaman kembali menggelar Tahsinul Quran usai apel pagi di Mushalla Al-Mubarak, Jumat (29/1). Dipandu oleh Pengawas Madrasah, Yahya, didampingi Kasubag Tata Usaha, H. Syafrizal, kegiatan ini diikuti oleh seluruh Kasi dan ASN di lingkungan Kemenag Padang Pariaman.

Kegiatan diawali dengan memahami dan mempelajari bacaan surat Al-Fatihah. Yahya mengatakan, kesalahan dalam membaca ayat-ayat Alquran akan mengakibatkan kesalahan arti dan maknanya.

“Meskipun surat Al-Fatihah telah sering kita baca. Tentunya akan lebih baik lagi jika kita memperbaiki bacaannya agar terhindar dari kesalahan arti dan makna,” katanya.

Selanjutnya, kegiatan dilanjutkan dengan membaca surat Al-Baqarah secara bergilir. Kasi Pendidikan Madrasah, Suhendrizal mendapat giliran pertama dan dilanjutkan oleh ASN lainnya. Setiap bacaan yang keliru, langsung diperbaiki oleh Yahya sebagai pemandu kegiatan Tahsinul Quran ini.

Dalam arahannya, Kasubag Tata Usaha, H. Syafrizal mengatakan, kegiatan pengajian dan wirid setiap hari Jumat ini akan kembali digalakkan. Kegiatan ini beragam setiap Jumatnya. Ada wirid, Tahsinul Quran, Qiraatul Kitab dan Tilawah Quran. Harapannya, melalui kegiatan ini dapat memberikan santapan rohani serta semakin mendalami AL-Quran bagi ASN di lingkungan Kemenag Padang Pariaman.

“Alhamdulillah kita kembali melaksanakan kegiatan rutin Jumat pagi yang diawali Tahsinul Quran pada hari ini. Semoga kegiatan ini semakin meningkatkan keimanan dan ketaqwaan serta dapat meningkatkan ilmu Al-Quran bagi kita semua,” ungkapnya.

Terpisah, Kepala Kemenag Padang Pariaman, H. Helmi, usai membuka kegiatan pengukuhan pengurus KKG-A Kecamatan Ulakan Tapakis mengatakan, sebagai contoh di tengah masyarakat, ASN Kemenag Padang Pariaman harus senantiasa meningkatkan ilmu agama dan ilmu Al-Quran. Untuk itu, kegiatan pengajian setiap Jumat pagi ini menjadi wadah yang harus diikuti dengan kesungguhan.

“Sebagai pelayan serta contoh bagi masyarakat, ASN Kemenag Padang Pariaman haruslah senantiasa mengupgrade ilmunya, terutama ilmu agama dan Al-Quran. Dan kita berharap, kegiatan pengajian setiap hari Jumat pagi ini bisa dimafaatkan dan diikuti dengan sungguh-sungguh,” tukasnya. (Edo)vn