Perdana, MTsN 4 Pasaman Laksanakan Ekskul Robotik

Perdana,  MTsN 4 Pasaman Laksanakan Ekskul Robotik

Bonjol--Humas Untuk pertama kalinya,  MTsN 4 Pasaman memasukkan kegiatan robotik madrasah ke dalam salah satu program ekstrakurikuler. Motivasi ini muncul saat menyaksikan madrasah-madrasah lain yang melaksanakan pelatihan robotik bagi siswa sudah jauh-jauh hari sebelumnya.  Kegiatan perdana ekskul robotik ini digelar pada Jumat,  5/2 di salah satu ruangan MTsN 4 Pasaman.

Kegiatan yang diikuti sekitar 40 siswa MTsN 4 Pasaman ini dibimbing oleh instruktur Adri Aulia, salah seorang guru SMKN 1 Bonjol.  Untuk jadwal pelaksanaan, digelar sebanyak 2 kali dalam satu minggu setiap hari Jumat dan Sabtu setelah jam pembelajaran berakhir.  40 siswa MTsN 4 Pasaman ini dibagi dalam dua kelompok besar yang masing-masing kelompok beranggotakan 20 siswa ditambah 3 orang guru yang juga turut mendampingi selama kegiatan berlangsung. 

MTsN 4 Pasaman yang dinakhkodai Hj.  Raflis sebagai kepala,  berharap dari kegiatan ekskul robotik ini bisa melahirkan siswa-siswa yang bisa diajak berkompetisi nantinya baik di tingkat Kabupaten,  Provinsi,  serta Nasional. 

"Belajar robotik itu banyak sekali manfaatnya.  Selain merangsang pola pikir siswa agar terbiasa memecahkan suatu permasalahan secara teestruktur dan sistematis,  kegiatan ini juga melatih dan membiasakan siswa bekerja sama dalam tim. Siswa dilatih untuk tidak bersifat egois dan harus mampu bekerja sama. Disamping itu, kita berharap kegiatan ini mampu membuat siswa lebih percaya diri, sehingga mereka bisa menyampaikan ide dan gagasan yang kreatif untuk melahirkan suatu karya" ujarnya memaparkan.  (arya)