PERSAMI Di MAN 1 AGAM Antara "Eksistensi dan Pandemi"

PERSAMI Di  MAN 1 AGAM Antara "Eksistensi dan Pandemi"

Maninjau Humas, Masa Pandemi Covid-19 belum bisa di prediksi kapan akan berakhir, Namun kondisi ini Bagi MAN 1 Agam bukanlah penghalang untuk kegiatan Kepramukaan, Hanya saja Cara serta mekanismenya menyesuaikan dengan aturan yang diberlakukan. Kegiatan Pramuka merupakan salah satu Extra Kurikuler wajib bagi Siswa MAN Kelas X dan XI, disamping kegiatan extra Lainya. Hal ini di benarkan oleh Taufiq selaku Wakil Kepala Bidang Kurikulum.

“Kita berharap jangan sampai semangat ber-Pramuka dikalangan peserta didik mengalami Stagnasi di Masa Pandemi ini, kita akan tetap berikan ruang kepada peserta didik untuk Mengembangkan nilai kemandirian, Tanggung Jawab, dan Keterampilan,wadah salah satunya adalah melalui kegiatan Pramuka ini, dengan mengatur tata pelaksanaanya menyesuaikan dengan aturan di Masa Pandemi” Jelasnya.
Hari ini Sabtu 6 Februari 2021, MAN 1 Agam menggelar Perkemahan Sabtu dan  Minggu yang dipusatkan kegiatanya di Lapangan Utama MAN 1 Agam, Bertindak sebagai Pembina Upacara pembukaan Kepala MAN 1 Agam Azizul Hayati.

Dalam pesannya Kepala MAN 1 Agam ini mengimbau untuk kesuksesan kegiatan PERSAMI tersebut kepada seluruh peserta PERSAMI sama sama berperan sebagai pioner dalam rangka mengamankan kondisi madrasah. Mengingat untuk sampai saat ini Keluarga besar MAN 1 Agam baik Tenaga Kependidikan dan Pendidik  serta peserta didik belum ada yang terkonfirmasi dari virus corona, kita berharap kondisi ini akan bertahan sampai nanti, tentu berawal dari kedisiplinan kita dalam mematuhi dan menerapkan protokol kesehatan” Ujarnya.

Lebih lanjut Azizul hayati juga menghimbau kepada Peserta agar maxsimal dalam mengikuti seluruh rangkaian kegiatan selama pelaksanaan PERSAMI ini, kelak akan memberikan nilai positif dalam pengembangan diri di tengah tengah masyarakat.” Ulasnya.

M. Sukur selaku Waka Kesiswaan saat diminta informasi dari Kegiatan PERSAMI ini menjelaskan “Kegiatan PERSAMI ini akan dilaksanakan mulai hari ini Sabtu dan Minggu 6-7 Februari 2021 yang kita pusatkan kegiantannya di lapangan utama MAN 1 Agam dengan tetap memperhatikan  jumlah peserta. Sedangkan untuk jadwal kegiatan menyesuaikan dan adanya surat izin dari orang tua untuk kegiatan ini”.

Lebih dari itu saat ditanya tentang motivasi dari peserta PERSAMI ini, M. Sukur menuturkan  semangat dari peserta PERSAMI membuat pihaknya mengaku tidak ada alasan untuk tidak Melaksanakan kegiatan tersebut.

Hal yang sama juga di paparkan oleh kandidat Doktor M. Rahyan, mantan Wakil Kepala Bid.Kesiswaan MAN 1 Agam ini menyebutkan pramuka di MAN 1 Agam adalah kebanggaan kita semua, ia merupakan bagian dari batang tubuh MAN 1 Agam, dan eksistensinya sangat diperhitungkan.

Hal ini terbukti dengan kontribusi  Pramuka MAN 1 Agam  untuk even bergengsi di tingkat Kabupaten Agam dan Propinsi Sumatera Barat, Tercatat sudah kali ketiga Pramuka MAN 1 Agam ikut andil mewakili Kabupaten Agam di Jambore PIK R yang dilaksanakan di Sawah Lunto dan Padang Panjang Pada Tahun 2019,  disusul dengan kegiatan lainnya.

"Juara 1 Tingkat Sumatera Barat di ajang Genre dan Satu Satunya Madrasah yang dipercaya Kabupaten Agam sebagai Satuan Pendidikan Aman  Bencana (SPAB) di tahun yang sama, dan Sekolah Siaga Kependudukan(SSK) “Jelasnya.

Kegiatan PERSAMI merupakan salah satu kegiatan Pramuka dalam rangka mewadahi potensi peserta didik di MAN 1 Agam, dengan kondisi yang terbatas dimasa Pandemi Covid -19, MAN 1 Agam tetap akan  melahirkan BANTARA sebagai pengayom bagi peserta lainya.( Hasnan)