Edukasi Siswa MAN 2 Kota Padang Terkait Covid-19, Puskesmas Alai Intensifkan Sosialisasi

Edukasi Siswa  MAN 2 Kota Padang Terkait Covid-19, Puskesmas Alai Intensifkan Sosialisasi

Padang, humas -- Upaya melindungi siswa dari penyebaran Virus Covid 19, warga MAN 2 Kota Padang terima sosialisasi pihak Puskesmas Alai dalam kegiatan pencegahan.

Salah satu bentuk upaya yang dilakukan demi melindungi masyarakat dari ancaman virus corona adalah dengan melakukan sosialisasi kepada siswa MAN 2 Kota Padang tentang pencegahan dan dampak Covid-19 bertempat di UKM MAN 2 Kota Padang, Jln Gajah Mada No. 100, Jumat (05/02).

Hadir dalam Kegiatan tersebut tenaga kesehatan UKS MAN 2 Kota Padang Naghmah Majid dan anggota PMR MAN 2 Kota Padang

" Kegiatan ini dalam rangka meningkatkan pengetahuan serta keterampilan remaja ( siswa) sebagai kader kesehatan di lingkungan madrasah, untuk melakukan pembinaan Program Kesehatan Peduli Remaja (PPKPR), pengawasan TTU ( tempat- tempat umum), distribusi Fe sebagai tablet penambah darah bagi siswa serta penyuluhan tentang bagaimana meminimalisir penyebaran Covid-19 di lingkungan Madrasah," Ungkap Naghmah Majid tenaga kesehatan MAN 2 Kota Padang

Selama penyuluhan berlangsung, pihak puskesmas menjelaskan cara mengkonsumsi tablet Fe yang benar, Serta bagaimana menekan penyebaran covid19.

" Cara mengkomsumsi tablet adalah diminum 1 kali seminggu sebelum tidur dan untuk menekan penyebaran Covid-19 lakukan 5M yaitu memakai masker, mencuci tangan pakai sabun dan air mengalir, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, serta membatasi mobilisasi dan interaksi," Jelas Ilda Herawati, penanggung jawab bagian UKS Puskesmas Alai Padang

Ia juga mengungkapkan, selain perilaku disiplin 3M, 3T adalah upaya untuk menekan penyebaran virus Covid-19, pemerintah juga memiliki gerakan 3T, dengan cara testing, tracing, dan treatment.

" Aksi 3T ini hendaknya dilakukan oleh otoritas terkait untuk melakukan pengujian, pelacakan, kemudian tindakan pengobatan atau perawatan kepada orang yang terpapar virus tersebut," jelas Ilda Herawati lg

Sebagai penanggung jawab UKS, Ilda Herawati mengatakan pembinaan PPKPR penting untuk PMR, pembagian tablet Fe baik untuk siswa dan penyuluhan terkait covid19 sangat diperlukan warga MAN 2 Kota Padang dalam meminimalisir penyebaran covid19 di lingkungan madrasah, meski dalam hal ini diwakili oleh beberapa anak PMR (Palang Merah Remaja) MAN 2 Kota Padang.

" Saya berharap seluruh anggota PMR mampu mensosialisasikan kembali kepada teman lainnya terkait penyuluhan ini agar tidak ada siswa yang anemia dan penyebaran covid19 dilingkungan madrasah dapat diminimalisir," tutupnya.

Kepala MAN 2 kota Padang H. Akhri Meinhardi mengucapkan terimakasih kepada puskesmas Alai dan berharap, penyuluhan tentang protokol kesehatan dapat terus dilakukan kepada seluruh kalangan masyarakat agar pandemi covid-19 di wilayah setempat bisa segera berakhir.

“ Terimakasih kepada pihak puskesmas Alai yang memberikan edukasi dan wawasan kepada siswa MAN 2 kota Padang tentang bagaimana pentingnya menjalankan protokol kesehatan dan berharap siswa tersebut bisa menjadi jembatan ( penghubung) kepada teman- temannya nanti dalam rangka mensosialisasikan tentang bahaya Covid-19,". Jelas Akhri Meinhardi. (ArulDp)