Kakan Kemenag Kota Payakumbuh Ucapkan Selamat Hari Pers Nasional Ke-36

Kakan Kemenag Kota Payakumbuh Ucapkan Selamat Hari Pers Nasional Ke-36

Payakumbuh, Humas--Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Payakumbuh, H. Ramza Husmen memberikan ucapan selamat kepada insan pers di Indonesia yang hari ini memeringati ke-36 Hari Pers Nasional (HPN). Atas nama Kantor Kementerian Agama Kota Payakumbuh. Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Payakumbuh mengucapkan rasa terima kasihnya kepada pers Nasional yang selama ini telah berkontribusi positif dalam penyebaran informasi, khususnya terkait isu dan layanan Kemenag khususnya, ucapan ini ia sampaikan di ruang kerja Kantor Kementerian Agama Kota Payakumbuh, Selasa ( 09/02).

H. Ramza Husmen menyampaikan bahwa “Pers dan Kemenag faktanya tidak bisa dipisahkan. Dewan pers lah yang membuat dorongan dorongan postive Untuk program Kemenag kedepannya. Untuk itu kami berharap sinergi yang positif ini terus bisa dipertahankan demi kebaikan bangsa bersama. Kakan Kemenag juga mengatakan, pers memiliki peran dan fungsi strategis dalam pembangunan bangsa. Tak sekadar menjadi penyebar informasi, fungsi pers saat ini juga lebih luas yakni menyampaikan pengetahuan yang berharga bagi khalayak. Dan jelaslah ini upaya yang tidak mudah seiring kian masifnya perkembangan dunia teknologi informasi digital yang sangat cepat," imbuhnya.

Inilah tantangan insan pers nasional bagaimana caranya beradaptasi sekaligus menjadi penjernih dan menyaring di tengah banjirnya informasi yang beredar secara mudah di sosmed," tuturnya.

H. Ramza Husmen Menyampaikan Selamat HPN Ke-36 Semoga dengan usia yang sudah tidak muda lagi dewan pers tidak lari dan menyimpang dari fungsinya sebagai penjernih suatu isue atau info yang beredar. Karena dampak dari kebebasan informasi saat ini telah banyak bermunculan berita tidak benar (hoaks), ujaran kebencian dan hal-hal negatif lainnya. Jika hal ini tidak disadari bersama dan diantisipasi dengan baik, maka sangat berpotensi mengoyak tatanan kehidupan di tengah masyarakat. Dengan informasi yang benar berbasis faktual, maka tidak ada ketegangan, intoleransi atau aksi-aksi ekstremisme yang bisa merugikan bangsa apalagi sebuah Instansi.

Tema HPN 2021 yakni “Bangkit dari Pandemi, Jakarta Gerbang Pemulihan Ekonomi, Pers sebagai Akselerator Perubahan” juga tepat. Dewan pers sebagai motor dan akselerator perubahan bangsa, utamanya bagaimana agar bangsa ini berhasil menangani pandemi Covid-19. 

Fungsi ini juga selaras dengan upaya Kemenag dalam komitmennya menangani Covid. Menag mengatakan, untuk mencegah penularan virus corona yang lebih luas, dirinya telah menerbitkan Surat Instruksi No 1/2021 tentang Gerakan Sosialisasi Penerapan Protokol Kesehatan 5 M. Yakni, memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, membatasi mobilitas dan interaksi, serta menjauhi kerumunan.

“Peran pers terbukti sangat vital dan strategis bagi Kemenag, kuncinya harus bersama-sama beradaptasi, berkolaborasi, bersinergi sehingga terciptanya ekosistem yang saling berinteraksi positif. Di saat pandemi, kita tidak mungkin bekerja sendiri-sendiri,” tutup H.Ramza Husmen. Widya77