Kepala MTsN 4 Lima Puluh Kota Ajak Anggota MGMP Bahasa Indonesia Berinovasi

Kepala MTsN 4 Lima Puluh Kota Ajak Anggota MGMP Bahasa Indonesia Berinovasi

Lima Puluh Kota, Humas--Bertempat di perpustakaan Madrasah Tsanawiyah Negeri 4 Lima Puluh Kota, pada Selasa (9/2), Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) bidang study Bahasa Indonesia digelar. Kegiatan rutin mingguan ini dibuka Kepala MTsN 4 Lima Puluh Kota, Moh. Arief Hidayat.

Dalam sambutan dan arahannya Arief menyampaikan apresiasi atas terlaksanakan kegiatan MGMP setiap minggunya. “Suatu kehormatan bagi saya selaku Kepala di madrasah ini dengan diselenggarakannya MGMP di sini. Sesuai namanya, Musyawarah Guru Mata Pelajaran adalah wadah bagi guru-guru mata pelajaran untuk berdiskusi, berbagi ilmu dan mencarikan solusi secara bersama terhadap permasalah bidang study yang di ampu. Bukan hanya untuk bidang study Bahasa Indonesia, tapi juga untuk semua bidang study," papar Arief.

Pada kesempatan itu, pria 48 tahun itu juga menjelaskan fungsi kegiatan MGMP. “Ada banyak fungsi MGMP yang bisa kita cermati. Di antarnya adalah MGMP merupakan sarana penambah ilmu. Dengan berkumpulnya para guru bidang study dalam suatu forum, masing-masing guru akan menyampaikan ilmu yang mereka dapat. Perkembangan ilmu dan teknologi yang mengalami kemajuan pesat akan menantang setiap guru untuk terus melakukan pembaharuan ilmu. Di sinilah akan muncul diskusi-diskusi hangat terkait ilmu yang Up to date," jelas Arief.

Lebih lanjut Arief menyebut bahwa MGMP adalah ajang shilaturrahim dan ajang studi banding. "Bertemunya bapak ibu setiap minggu dalam forum ini, akan melahirkan rasa ukhwah dan kebersamaan yang tinggi. Shilaturrahim yang terjalin akan semakin erat. Selain itu, lokasi kegiatan MGMP yang bergilir dari madrasah ke madarsah akan membuat kegiatan ini tidak membosankan dan juga sebagai ajang studi banding.

Kelebihan masing-masing madrasah itu beragam. Tinggal bagaimana kita mengadopsi kelebihan itu dan menerapkannya di madrasah tempat mengajar. Guru yang hebat adalah guru yang selalu melahirkan inovasi-inovasi," tutup Arief mengakhiri arahan.

MGMP bidang study Bahasa Indonesia yang diketuai oleh Zakiyah, Guru dari MTsN 3 Lima Puluh Kota menyebutkan kegiatan MGMP ini sudah berjalan sebanyak lima kali pertemuan. Rilis data menyebutkan, total peserta MGMP Bahasa Indonesia berjumlah 47 orang. Berasal dari MTs negeri dan swasta. Tampil sebagai pemantik diskusi adalah Irma Suryani, dari MTsN 5 Lima Puluh Kota.

Silvianti, salah seorang peserta dari MTsN 4 Lima Puluh Kota menyebut, materi yang didiskusikan hari ini adalah terkait bahan ajar yang sudah diberikan kepada siswa untuk semester genap. Dan diskusi akan berlanjut penyusunan soal ujian semester genap Tahun Pelajaran 2020/2021 yang sudah di depan mata. (Nina).