Sekjen Lantik Tiga Pejabat Eselon III Ditjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah

Sekjen Lantik Tiga Pejabat Eselon III Ditjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah

Jakarta (Kemenag) --- Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementerian Agama, Nizar Ali hari ini melantik tiga pejabat administrasi di lingkungan Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kementerian Agama. 

Prosesi pengambilan sumpah dan pelantikan berlangsung di ruang sidang Ditjen PHU lantai 5 Kantor Kemenag Jalan Lapangan Banteng Barat No 3-4 Jakarta Pusat. Hadir sebagai saksi, Sekretaris Ditjen PHU Ramadhan Harisman, Direktur Pelayanan Haji Luar Negeri Subhan Cholid, Direktur Pelayanan Haji Dalam Negeri Muhajirin Yanis, serta Direktur Bina Umrah dan Haji Khusus M. Arfi Hatim. 

Sekjen Kemenag Nizar dalam arahannya mengatakan, pelantikan ini merupakan kepercayaan negara kepada para pejabat yang dilantik. Pelantikan ini juga sebagai amanat undang-undang. Menurutnya, ada tiga hal yang menjadi acuan bagi Aparatur Sipil Negera (ASN) sebelum diberikan amanah jabatan. Pertama adalah kualifikasi. Kedua adalah kompetensi. Ketiga adalah bekerja. 

"Ini adalah trilogi dari ASN. Ini dilakukan untuk pengembangan ASN,” kata Nizar di Jakarta. Selasa (09/02).

Kepada pejabat yang dilantik, Nizar juga menegaskan pentingnya informasi teknologi untuk diterapkan di masing-masing unit kerja untuk memberikan kemudahan pelayanan. “Kepada Pak Ali Zakiyudin saya berharap penerapan IT di perizinan PPIU, dapat diterapkan di layanan pengadaan akomodasi lewat e-procurement. Begitu juga dengan Pak Rudi karena sudah berpengalaman di Ditjen Pendis terkait perizinan, maka sangat tepat juga diterapkan di perizinan PPIU,” jelasnya.

Sementara itu, kepada Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Asrama Haji Balikpapan, Nizar berharap penerapan IT juga dapat meningkatkan pelayanan di asrama haji. “Kalau bisa asrama haji bisa masuk ke Traveloka atau Tiketcom,” harapnya.

Turut hadir juga, Plt. Dirjen PHU Oman Fathurahman, Direktur Pengelolaan Dana Haji dan Sihdu Maman Saepulloh serta Direktur Bina Haji Khoirizi H. Dasir.

Berikut nama-nama pejabat yang dilantik: 

1. H. Muhammmad Ali Zakiyudin, S.Ag, M.Ak., sebagai Kepala Sub Direktorat Akomodasi Haji pada Direktorat Pelayanan Haji Luar Negeri Ditjen PHU;

2. H. Rudi Nurudin A, S.Ag, M.A., sebagai Kepala Sub Direktorat Perizinan, Akreditasi dan Bina PPIU pada Direktorat Bina Umrah dan Haji Khusus Ditjen PHU;

3. H. Muchtar, S.Ag, sebagai Kepala UPT Asrama Haji Embarkasi Balikpapan. (Humas)