Jaksa Masuk Sekolah, Kenali Hukum Jauhkan Hukuman

Jaksa Masuk Sekolah, Kenali Hukum Jauhkan Hukuman
Jaksa Masuk Sekolah, Kenali Hukum Jauhkan Hukuman

Limapuluh Kota, Humas--Rangkaian kegiatan Jaksa Masuk Sekolah yang diselenggarakan oleh Kejaksaaan Negeri Payakumbuh di MTsN 4 Lima Puluh Kota berjalan penuh keakraban. Kegiatan bertempat di Aula madrasah pada Rabu (10/2).

Ketua Tim Kegiatan Jaksa Masuk Sekolah, Kepala Seksi Intel Kejaksaan Negeri Payakumbuh, Robbi Tindra Putra dalam arahannya menyebutkan bahwa kegiatan Jaksa masuk sekolah adalah program tahunan yang sudah berjalan selama enam tahun.

“Semenjak tahun 2015, Jaksa Masuk Sekolah merupakan program Kejaksaaan Negeri Payakumbuh. Kita memilki dua wilayah kerja yaitu Kota Payakumbuh dan Kabupaten Limapuluh Kota. Sasaran kegiatan kita tentunya siswa pada jenjang SMP dan SMA," jelas Robbi.

“MTsN 4 Lima Puluh Kota adalah sekolah ke dua yang kami kunjungi di Kabupaten Limapuluh Kota. Sebelum ini target kami adalah siswa SMPN Luak. Untuk tahun 2021 ini sasaran kami adalah sekolah atau madrasah yang belum sempat kami datangi pada tahun-tahun sebelumnya. Tentunya kegiatan ini berlanjut dari tahun ke tahun berkat support dan dukungan dari seluruh lapisan masyarakat, karena Kejaksaan Negeri Payakumbuh bukan hanya melakukan sosialisasi kepada siswa tapi juga kepada masyarakat secara keseluruhan dengan program-program yang telah siapkan," jelas Kasi Intel tersebut.

Selanjutnya Robbi juga menjelaskan fokus kegiatan ini adalah dalam rangka antisipasi penyakit masyarakat dan penyalahgunaan narkoba dikalangan remaja.

“Kasus yang mendominasi dalam perkara yang digelar di Kejaksaaan dari kalangan remaja dalah penyakit masyarakat dan narkoba. Penyakit masyarakat seperti perkelahian, tawuran, minuman keras adalah contoh kasus yang banyak disidangkan. Dan yang tidak kalah maraknya adalah narkoba. Banyak remaja yang masih di bawah umur terjerat oleh narkoba. Maka dari itulah Program Jaksa Masuk Sekolah ini kami harapkan mampu menyadarkan generasi muda bahwa segala bentuk penyakit masyarakat itu hanya akan menjerumuskan dan mematikan masa depan anak bangsa," tutup Robbi.

Kepala MTsN 4 Lima Puluh Kota, Moh. Arief Hidayat, dalam sambutannya juga menekankan kepada siswa untuk serius dan mengambil pejaran dari sosialisasi yang disampaikan.

“Tujuan dari kegiatan Jaksa Masuk Sekolah sudah tentu program bermutu yang akan kita sambut baik. Kepada siswa kami berharap agar segala apa yang disampaikan oleh Tim dari Kejaksaaan Negeri Payakumbuh dapat merubah pola fikir siswa bahwa segala hal-hal buruk yang dilakukan di masa remaja dampaknya bukan hanya sekarang, tapi berlanjut ke tahun-tahun mendatang," jelas Arief.

“Terapkan ilmu yang didapat dari sosialisasi ini, demi kebahagiaan ananda dimasa yang akan datang dan demi kenyamanan madrasah kita. Tercorengnya nama baik ananda juga akan mencoreng nama baik madrasah. Kenali hukum dan InsyaAllah ananda semua akan dijauhkan dari hukuman," sambung Kepala Madrasah yang baru enam bulan menjabat.

Menutup sambutannya Arief menyatakan mendukung penuh program Jaksa Masuk Sekolah ini. Dan semoga program ini terus berlanjut ditahun-tahun mendatang. (Nina).