MAN 1 Agam ikuti Sosialisasi Kelulusan dan Kenaikan Kelas oleh Pendis Kanwil Kemenag Sumbar

MAN 1 Agam ikuti Sosialisasi Kelulusan dan Kenaikan Kelas oleh Pendis Kanwil Kemenag Sumbar

Maninjau Humas, Ujian Nasional untuk Tahun pembelajaran Tahun ini akan di tiadakan bagi Madrasah. Hal ini Dibenarkan oleh Kepala MAN 1 Agam Azizul Hayati, Ujian Akhir pembelajaran bagi siswa kelas XII bagi MA dan IX untuk MTs Tahun ini akan di laksanakan di Satuan Pendidikan masing masing,  dengan merujuk kepada Surat  Keputusan Direktorat KSKK Madrasah Kementerian Agama Republik Indonesia Tahun 2020 perihal penyelenggaraan Kelulusan  Ujian Akhir dan Kenaikan kelas di Madrasah.


Untuk lebih jelasnya teknis pelaksanaan Ujan ini, hari ini selasa.16 Februari 2021,pihak Kantor Kementerian Agama Wilayah Propinsi Sumatera Barat memberikan sosialisasi berkenaan dengan pelaksanaan Ujian Madrasah di Tahun 2021 ini. pelaksanaan kegiatan ini dimulai jam 09.00 melalui Virtual. untuk Wilayah Kecamatan Tanjung Raya Kabupaten Agam,  dipusatkan kegiatannya di Labor MAN 1 Agam  yang di hadiri oleh Kepala Madrasah dan Wakil Kepala Kurikulum serta partisipan.

Masing masing madrasah tersebut diantaranya MAN 1 Agam, MA dan Mts S PP Hamka, MA dan Mts S PP MTI Bayur, MTs S Paninggahan Maninjau dan Mts S Muhammadiyah Muaro Pauh. 

Disela sela kegiatan Azizul Hayati selaku kepala MAN 1 Agam menyatakan," acara yang digelar oleh Kantor Kemenag Propinsi Sumatera Barat ini diikuti oleh seluruh Madrasah Negeri dan Swasta se Sumatera Barat , akan memberikan informasi yang terkini berkenaan dengan Tekhnis pelaksanaan Ujian Madrasah ".

Lebih lanjut Kapala MAN 1 Agam ini menjelaskan tidak hanya bersifat teknis, namun tata laksana dan kriteria yang menjadi syarat bagi kelulusan bagi peserta didik Kelas XII di Tahun ini juga akan menjadi bahan pembicaraan hari ini, ulasnya. 

H.Syamsul Arifin dalam hal ini selaku Kabid Penmad Kemenag Propinsi Sumatera Barat menyampaikan bahwa   Sosialisasi ini berdasarkan kepada SE DIRJEN PENDIS tentang Penyelengaraan Kelulusan dan Kenaikan Kelas. "Perkembangan yang terjadi hari ini harus kita hadapi dan laksanakan. hal ini menuntut kita masing masing untuk bisa membuat, merakit dan menjadikannya sebuah soal ujian yang kelak akan diberikan kepada siswa kita kelas IX dan XII," ujarnya.

Lebih dari itu Kabid Penmad ini melanjutkan tahun ini tidak ada lagi UN dan UAM BN di Tingkat Madrasah,  Artinya Ujan Tahun ini di Amanatkan pelaksanaanya serta Soalnya  ke Madrasah masing masing, tegasnya. 

Setelah pelaksanaan Ujian Madrasah,untuk menentukan kelulusan berdasarkan kepada Sidang Dewan Majlis guru di Satuan Pendidikan yang di ketahui oleh Pihak Terkait, hal ini diatur oleh SE DIRJEN Pendis Tentang Kelulusan dan Kenaikan Kelas .Kriteria kenaikan kelas dan kelulusan sesuai dengan capaian kompetensi Materi pelajaran.

Indra Gamal salah seorang peserta Sosialiasi memberikan komentar. "Dengan berubahnya wajah ujian tahun ini, pada hakikatnya menggiring kita untuk mampu mempola dan menformat yang terbaik di Madrasah masing masing, dan membuka ruang kepada masing masing guru untuk merakit soal yang sesuai dengan capaian kompetensi.'(Hasnan).