10 Orang Siswa MAN 4 Pesisir Selatan Ikuti Pelatihan Penelitian

10 Orang Siswa MAN 4 Pesisir Selatan  Ikuti Pelatihan Penelitian

Air Haji, Humas---MAN 4 Pesisir Selatan mengirim 10 orang siswa madrasah untuk mengikuti pelatihan penelitian yang diadakan oleh Fakultas Ushuluddin dan Study Agama UIN Imam Bonjol Padang, Kamis, (18/2) di MAN 3 Pesisir Selatan. Pelatihan tersebut diikuti oleh 25 orang peserta. 10 0rang dari MAN 4 Pesisir Selatan dan 15 orang dari MAN 3 Pesisir Selatan.

Pelatihan tersebut dibuka oleh wakil kurikulum MAN 3 Pesisir Selatan, Bustamir. Beliau menyampaikan bahwa penyelenggaraan madrasah riset di madrasah di Pesisir Selatan ini adalah yang pertama kalinya. Karena itu beliau berharap dengan adanya pelatihan ini nantinya dapat memberikan bimbingan kepada siswa madrasah untuk dapat melakukan sebuah penelitian.

Dalam pelatihan ini, Dr Syafrial sebagai ketua rombongan dari UIN Imam Bonjol Padang, dalam sambutannya menyampaikan bahwa di era global ini minat para pelajar untuk melakukan penelitian ilmiah sangatlah minim. Karena itu, dengan adanya madrasah riset ini diharapkan  dapat memacu minat siswa madrasah untuk menulis sehingga dapat mengasah kemampuan para siswa untuk melakukan suatu penelitian.

Dalam kegiatan ini, materi pelatihan disampaikan oleh tiga orang narasumber dari UIN Imam Bonjol Padang, yaitu Dr. Murizal, Ketua Program Studi Jurusan Psikologi Islam, memaparkan materi yang berkaitan dengan sistematika penulisan karya ilmiah, Dr. Bachtiar, memaparkan materi yang berkaitan dengan kegunaan sebuah penelitian, dan Mardeni, Psi, dosen psikologi UIN Imam Bonjol Padang memaparkan materi terkait dengan jenis penelitian, ruang lingkup penelitian dan tahapan-tahapan penelitian ilmiah.

Siswa madrasah tampak serius menerima materi yang disampaikan dan forum pelatihan juga dihiasi dengan kegiatan tanya jawab antara narasumber dengan siswa madrasah.

Asyi, salah seorang siswa MAN 4 Pesisir Selatan mengaku senang dengan diadakannya pelatihan ini, paling tidak, dapat membuka cakrawalanya untuk memilih dan mencari masalah yang akan diangkat ke dalam sebuah penelitian.

Yeni, selaku guru pembimbing dari MAN 4 Pesisir Selatan juga memberikan dukungannya dan berharap kegiatan ini dapat membimbing dan memotivasi siswa madrasah untuk membudayakan literasi di lingkungan madrasah.(Yni)