Kemenag Sijunjung Siap Wujudkan Madrasah Riset 2021

Kemenag Sijunjung Siap Wujudkan Madrasah Riset 2021

Muaro Sijunjung (Humas), Kantor Kementerian Agama Kab Sijunjung bergandengan dengan Universitas Islam Negeri (UIN) Imam Bonjol Padang gelar pelatihan penelitian, Rabu (17/2) di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Sijunjung. Pelatihan diikuti utusan dari empat kabupaten yaitu Sijunjung, Dharmasraya, Sawahlunto dan Solok.

Pembukaan pelatihan dihadiri Kepala Kantor Kemenag Sijunjung H Afrizal. Dalam arahannya, ia menyampaikan jadikan kegiatan ini sebagai motivasi untuk para peserta, agar mulai terbiasa dalam penelitian, sehingga nanti tidak kaget saat berhadapan dunia kampus maupun kompetisi penelitian lainnya seperti Myres 2021.

Acara juga dihadiri oleh Kasi Penmad Kantor Kemenag Kab. Sijunjung dan dosen UIN Imam Bonjol Padang. Dosen-dosen hebat UIN Imam Bonjol Padang ini memotivasi peserta dalam membiasakan melakukan penelitian sederhana. 

Sebagai persiapan  madrasah riset tahun 2021, Kemenag Sijunjung mengambil peran dengan mengikutkan tiga orang guru utusan dari madrasah negeri. Guru beruntung terpilih yaitu Susi Novianti dari MAN 1 Sijunjung, Ismiati Irzain dari MTsN 1 Sijunjung dan Evi Endah Saputri utusan MTsN 6 Sijunjung.

H Ermizaldi selaku Kasi Penmad Kantor Kemenag Sijunjung mengucapkan terimakasih pada pihak UIN Imam Bonjol Fakultas Ushuludin telah menggelar kegiatan. 'Kita memang butuh pencerahan dan bekal untuk melakukan penelitian, terimakasih pada fakultas Ushuluddin UIN IB atas kegiatan ini, apalagi dengan di tunjuknya madrasah kita sebagai madrasah riset".

Ia juga menuturkan harapannya agar acara ini dapat berlanjut tidak hanya untuk tingkat MA tetapi juga untuk MTs. Bagi peserta kita berharap agar ilmu dapat diaplikasikan dan lakukan penelitian mulai dari sekarang tentang apa yang ada disekitar kita.

Junizar Suratman selaku pemateri juga memotivasi peserta, "jika penelitian sudah menjadi bagian dari hidup kita, jadi hobi, maka tak akan berat pelaksanaannya, apa lagi jika nanti Kemenag di kabupaten bisa menfasilitasi dengan menyelenggarakan kompetisi sejenis ditingkat kabupaten, pasti juga akan memotivasi siswa. Cintai apa yang dikerjakan dan kerjakan apa yang dicintai maka semua akan berjalan seindah yang dibayangkan." (evi/nori)