Manfaatkan Lahan Kosong MTsN 4 Sijunjung Budidayakan Jahe

Manfaatkan Lahan Kosong MTsN 4 Sijunjung Budidayakan Jahe

Muaro Sijunjung (Humas)- MTsN 4 Sijunjung merupakan madrasah berada di dua lokasi, yaitu nagari Sumpur Kudus dan Sumpur Kudus Selatan Kec Sumpur Kudus Kab Sijunjung. Sebagai satu satunya madrasah di daerah sealiran Batang Sumpu, MTsN 4 terus bergerak maju.

Salah satu upaya memajukan sekolah, Kepala MTsN 4 Sijunjung Irwan Kusuma Sumantri ajak seluruh warga madrasah manfaatkan lahan kosong madrasah. Lahan kosong akan ditanami bibit jahe gajah. Program jitu ini mendapat dukungan penuh dari kepala Kemenag Sijunjung H Afrizal. Hal ini ditandai penanam bibit jahe rumpun perdana oleh H Afrizal, didampingi kasi Pendidikan Madrasah H Ermizaldi, Selasa (23/2) di lahan perkebunan MTsN 4 Sijunjung di Sumpur Kudus.

Penanaman jahe juga dilanjutkan oleh ketua KAN, Wali Nagari serta seluruh keluarga besar MTsN 4 Sijunjung. Bibit jahe sudah disediakan untuk dua ribu rumpun jahe di dua lokasi madrasah. Lokasi pertama dengan lahan perkebunan memadai ditanam langsung di lubang tanah, sementara lokasi kedua penanaman jahe memakai sitem polibeg dan karung.

Ide cemerlang muncul melihat kesempatan dan manfaat dari jahe. Tanaman jahe merupakan salah satu tanaman akar-akaran yang memiliki banyak manfaat. Banyak digunakan sebagai bumbu rempah-rempah untuk berbagai masakan. Selain itu tanaman jahe juga dikenal sebagai bahan minuman dan obat herbal mengatasi berbagai penyakit. Muara dari usaha penanaman jahe ini kedepan diharapkan membantu tata laksana program-program di MTsN 4 Sijunjung dalam pembiayaan, jelas Irwan.

Kepala Kemenag Sijunjung H Afrizal himbau seluruh warga MTsN 4 Sijunjung, untuk dapat memelihara budidaya jahe kedepan. Keberhasilan suatu usaha sangat ditentukan oleh kerjasama seluruh pihak, tenaga pendidik dan kependidikan, siswa madrasah, wali murid, komite dan tentu juga dibutuhkan dukungan penuh pemerintahan nagari, pungkasnya.(nori)