MAN 2 Pesisir Selatan Persiapkan Pelatihan Penyusunan Soal Ujian Madrasah

MAN 2 Pesisir Selatan Persiapkan Pelatihan Penyusunan Soal Ujian Madrasah

Painan, Humas-- MAN 2 Pesisir Selatan (Pessel) akan menggelar kegiatan Pelatihan Penyusunan Soal Ujian Madrasah (UM) dan pembuatan soal HOTS (Higher Order Thinking Skill). Rencananya, pelatihan akan diberikan kepada seluruh guru di madrasah itu pada Sabtu tanggal 27 Februari 2021. 

Menurut keterangan salah seorang panitia pelaksana sekaligus Wakil Kepala Bidang Kurikulum Metriadi pda Jum'at (26/02), panitia pelaksana kegiatan tengah disibukkan dengan berbagai persiapan kegiatan. Kegiataan pelatihan tersebut akan diadakan selama sehari penuh di ruang aula madrasah dan wajib diikuti oleh seluruh guru di madrasah itu. 

"Panitia sudah mempersiapkan kegiatan ini sedemikian rupa dan sebaik-baiknya. Rencananya, pelatihan akan dilaksanakan dibawah bimbingan Wakil Kepala Madrasah yang telah terlebih dahulu mendapatkan Bimbingan Teknis (Bimtek) penyusunan soal UM beberapa hari yang lalu dari Kanwil Kementerian Agama Prov Sumatera Barat," ucap Metriadi. 

Sementara itu, Kepala Madrasah Ahmad Asdi membenarkan bahwa madrasah itu sudah mengagendakan pelaksanaan pelatihan tersebut. Ia bahkan telah meminta kepada seluruh guru untuk mengikutinya secara baik dan tanpa terkecuali. Agar pelaksanaan pelatihan berjalan lancar, Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) tatap muka bagi siswa bahkan diganti dengan pembelajaran daring. 

"Pembuatan soal HOTS dan penyusunan soal UM merupakan salah satu agenda penting guru dan madrasah pada tahun 2021 ini. Termasuk penyusunan soal ujian semester, karena mulai tahun ini penyusun soal ujian dan pelaksanaan ujian itu sendiri menjadi tanggung jawab masing-masing madrasah. Untuk itu, penting bagi kita memberikan pelatihan kepada guru dalam rangka membimbing guru melaksanakan hal tersebut," ucap Asdi terkait pelatihan tersebut. ((weni)