H. Mustafa Sampaikan Segala Sisi Kehidupan ASN Di Atur Oleh UU dan PP

H. Mustafa Sampaikan Segala Sisi Kehidupan ASN Di Atur Oleh UU dan PP

Payakumbuh, Humas--Memasuki minggu pertama bulan Maret tahun 2021, Kantor kementerian Agama Kota Payakumbuh melaksanakan apel pagi diikuti seluruh ASN di halaman kantor setempat pada kantor Kementerian Agama Kota Payambuh, Senin,(01 /03). Bertindak sebagai penerima Apel Kepala Sub bagian tata Usaha, H. Mustafa.

Dalam arahan nya H. Mustafa menyampaikan bahwa menjadi seorang PNS adalah impian bagi setiap orang. Tapi untuk pun tidaklah mudah untuk mencapainya, untuk bisa lolos menjadi PNS melalui banyak ujian dan bersiang dengan ribuan orang. Maka Untuk mewujudkan tujuan nasional dan pelaksanaan cita-cita bangsa dibutuhkan Pegawai AS yang  diserahi tugas untuk melaksanakan tugas pelayanan publik, tugas pemerintahan, dan tugas pembangunan tertentu, maka perlu dibangun aparatur sipil negara yang memiliki integritas, profesional, netral dan bebas dari intervensi politik, bersih dari praktik korupsi, kolusi, dan nepotisme, serta mampu menyelenggarakan pelayanan publik bagi masyarakat dan mampu menjalankan peran sebagai mana layaknya bekerja maksimal sebagai pelayan public.

"Aparatur Sipil Negara (ASN) adalah profesi bagi pegawai negeri sipil dan pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja yang bekerja pada instansi pemerintah," tutur H. Mustafa.  ASN diatur dengan Undang-Undang tersendiri, yaitu UU 5 tahun 2014 tentang ASN. Undang-Undang Nomor 5 tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara disahkan oleh Presiden Dr. H. Susilo Bambang Yudhoyono pada tanggal 15 Januari 2014.

Di akhir arahannya H. Mustafa juga menegaskan bahwa sebagai unsur perekat persatuan dan kesatuan bangsa berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945. Pelaksanaan manajemen aparatur sipil negara belum berdasarkan pada perbandingan antara kompetensi dan kualifikasi yang diperlukan oleh jabatan dengan kompetensi dan kualifikasi yang dimiliki calon dalam rekrutmen, pengangkatan, penempatan, dan promosi pada jabatan sejalan dengan tata kelola pemerintahan yang baik dan untuk mewujudkan aparatur sipil negara sebagai bagian dari reformasi birokrasi, perlu ditetapkan aparatur sipil negara sebagai profesi yang memiliki kewajiban mengelola dan mengembangkan dirinya dan wajib mempertanggungjawabkan kinerjanya dan menerapkan prinsip merit dalam pelaksanaan manajemen aparatur sipil negara.

Yang diatur dalam Undang-Undang Nomor 5 tahun 2014 tentang ASN: Ketentuan Umum yang memuat istilah-istilah dimaksud dalam Peraturan ini; Asas, Prinsip, Dasar, serta kode etik dan kode perilaku; Jenis, Status dan Kedudukan; Fungsi, Tugas, dan Peran; Jabatan ASN; Hak dan Kewajiban; Kelembagaan; Manajemen ASN; Pengisian Jabatan Pimpinan Tinggi; Pegawai ASN yang menjadi pejabat negara; Organisasi; Sistem Informasi ASN; Penyelesaian Sengketa; Ketentuan Peralihan; Ketentuan Penutup; Lampiran. [Widya77]