Ciptakan Pramuka Giat, Cerdas, Tangguh, dan Berkarakter dengan Kegiatan Lomba Tingkat 1

Ciptakan Pramuka Giat, Cerdas, Tangguh, dan Berkarakter dengan Kegiatan Lomba Tingkat 1
Ciptakan Pramuka Giat, Cerdas, Tangguh, dan Berkarakter dengan Kegiatan Lomba Tingkat 1

Payakumbuh, Humas---Lomba Tingkat 1 (LT 1) merupakan agenda kegiatan rutin tahunan yang dilaksanakan oleh Gerakan Pramuka Penggalang Gudep 01-005/01-006 Pangkalan MTsN 1 Kota Payakumbuh. LT 1 yang diadakan dihalaman Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Kota Payakumbuh, Sabtu, 27 Februari 2021 disamping bertujuan untuk memilih regu berprestasi tinggi ditingkat Madrasah juga merupakan ajang untuk mengikat ukhuwah dan persatuan anggota pramuka, menanamkan jiwa dan semangat sportifitas, solidaritas, dan disiplin serta membina generasi muda yang strategis.

Berbeda dengan pelaksanaan LT 1 pada tahun-tahun sebelumnya, pada tahun ini yang diperlombakan hanya 4 cabang lomba yaitu : PBB, We Are The Best, Sandi-Sandi, dan Kelengkapan serta Kerapihan Berbusana Pramuka Lengkap dengan peserta yang terbatas. Satu regu PBB yang biasanya trdiri dari 15 orang peserta dan 1 danton, pada perlombaan PBB kali ini hanya menampilkan 3 orang peserta dengan 1 danton untuk 1 regu. Sekalipun dengan jumlah peserta yang terbatas, pelaksanaan LT 1 ini diharapkan mampu menggugah semangat dan disiplin berlatih untuk mengukir prestasi setiap regu.

Kegiatan yang dibuka oleh Mabigus, Eli Elvita mewakili Kamabigus, Hj. Ermita yang berhalangan hadir karena harus melaksanakan tugas kedinasan diluar madrasah, mengangkat tema “Pramuka Giat, cerdas, Tangguh, dan Berkarakter”. Kegiatan ini dihadiri oleh wakil kepala MTsN 1 Kota Payakumbuh selaku Mabigus, Majelis Guru, Pembina Pramuka, Panitia Lomba dan peserta lomba yang terdiri dari beberapa orang siswa kelas VII sebagai perwakilan kelas mereka masing-masing. Pelaksanaan kegiatan menerapkan protokol Kesehatan secara ketat, memakai masker, jaga jarak, mencuci tangan dan mengecek suhu tubuh sebelum memulai kegiatan.

Dalam sambutannya Mabigus Eli Elvita mengucapkan terimakasih atas semangat dan keseriusan adik-adik pramuka MTsN 1 Kota Payakumbuh untuk berlatih guna mengikuti kegiatan LT 1. Mempersiapkan diri untuk trampil dan menguasai pengetahuan kepramukaan diantaranya PBB, sandi-sandi, atribut dan kelengkapan pramuka sekalipun masih pada masa Pandemi Covid 19. Eli Elvita juga menjelaskan bahwa kegiatan LT 1 merupakan puncak dari kegiatan pramuka penggalang di gugus depan. MTsN 1 Kota Payakumbuh selalu mengadakan kegiatan ini setiap tahunnya yang dimulai dari tahun 2000 dan LT 1 yang diadakan pada hari ini adalah yang ke 21 kalinya yang sudah dilaksanakan oleh MTsN 1 Kota Payakumbuh.

Ketika dihubungi via telepon, Kamabigus Hj. Ermita mengapresiasi positif kegiatan ini, karena LT 1 dapat menjadi wahana untuk mempersiapkan Sumber Daya Manusia yang berkualitas dimasa yang akan datang. Melalui lomba tingkat ini diharapkan setiap jiwa pramuka penggalang terbiasa bersikap sportif dalam berkompetisi, menguasai ilmu pengetahuan dan tekhnologi, serta menjunjung tinggi semangat ukhuwah Islamiyah.

Seperti biasa Hj. Ermita tidak lupa selalu mengucapkan terimakasih kepada pembina, panitia dan seluruh peserta yang telah ikut berpartisipasi aktif dalam mensukseskan acara ini. "Semoga adik-adik pramuka MTsN 1 Kota Payakumbuh dapat menjadi generasi penerus harapan bangsa," ujarnya mengakhiri pembicaraan di telepon. (NOVI)