Guru MDTA Kota Sawahlunto Dilatih BDK Padang

Guru MDTA Kota Sawahlunto Dilatih BDK Padang

Sawahlunto, Humas--Sebanyak 30 orang Guru Madrasah Diniyah Awaliyah Takmiliyah (MDTA) Kota Sawahlunto diberikan Pelatihan Pembelajaran di Wilayah Kerja (PDWK) oleh Balai Diklat Keagamaan (BDK) Padang tentang manajemen pembelajaran diniyah.

Kepala BDK Padang diwakili Widodo menyampaikan, tujuan diklat meningkatkan pengetahuan, keterampilan dan sikap peserta dalam melaksanakan tugas yang dilandasi kepribadian. 

Disamping merupakan kebutuhan Kementerian Agama, diharapkan peserta mampu menciptakan semangat pembaharu, bertanggungjawab, berkualitas, profesional berlandaskan pada pelayanan dalam pemberdayaan masyarakat. 

"Diklat tetap mematuhi protokol kesehatan, nanti diakhir kegiatan akan ada ujian kelulusan dan rencana tindak lanjut," ujarnya di Aula Kantor Kementerian Agama Kota Sawahlunto,  Senin (1/3).

Selanjutnya peserta diberikan sertifikat bagi yang lulus beserta fasilitas lain seperti, perlengkapan belajar, konsumsi, uang saku dan penggantian transpor. 

Sementara itu, Pelaksana tugas (Plt) Kepala Kankemenag Kota Sawahlunto, Eri Iswandi mengungkapkan, diklat tentang manajemen pembelajaran diniyah bagi guru MDTA sangat jarang terjadi bahkan langka. 

"Ini sebuah penghormatan bagi kita diadakan diklat di sini, mari ikuti dengan baik," sebut Eri.

Diakuinya, pendidikan diniyah di Kota Sawahlunto selama ini masih belum terpola sesuai manajemen.

"Kita telah memberikan pelajaran ke anak didik, sudahkan bersilabus, bagaimana cara mengajarkannya, apakah ada evaluasi," tutup Eri membuka secara resmi diklat. 

Berdasarkan laporan panitia, diklat diselenggarakan selama 6 hari dengan 60 jam pelajaran dan narasumber berasal dari Widya Iswara BDK Padang termasuk pejabat struktural Kemenag Kota Sawahlunto. (f@hmi)