MTsN 1 Kota Payakumbuh Fasilitasi 53 Orang Siswa dalam SNPDB MANIC dan MAN PK

MTsN 1 Kota Payakumbuh Fasilitasi 53 Orang Siswa dalam SNPDB MANIC dan MAN PK
MTsN 1 Kota Payakumbuh Fasilitasi 53 Orang Siswa dalam SNPDB MANIC dan MAN PK

Payakumbuh, Humas--MAN IC merupakan salah satu prototipe madrasah unggulan berbasis asrama yang tersebar di 23 lokasi di seluruh Indonesia. Program unggulan diberbagai bidang seperti imtak, IPTEK, wawasan keislaman dan kebangsaan yang baik yang diaktualisasikan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara telah menarik minat peserta didik tingkat SMP/ MTs untuk ikut bersaing memperebutkan peluang agar dapat mengenyam pendidikan di salah satu madrasah favorite ini.

Salah seorang guru TIK yang juga operator komputer MTsN 1 Kota Payakumbuh, Fuji Ediya menjelaskan bahwa lebih dari 50 orang siswa yang berminat untuk mendaftarkan  diri di MAN IC Padang Pariaman, tapi karena quota yang disediakan untuk masing-masing madrasah, maksimal hanya 50 orang.

"Maka kita MTsN 1 hanya mengutus 50 orang siswa untuk ikut serta dalam berebut peluang agar bisa menimba ilmu di kampus MAN IC Padang Pariaman dan 3 orang siswa mendaftar di MAN PK. Berdasarkan juknis SNPDB MANIC, pada tahun ini MAN IC Padang Pariaman hanya menampung quota 96 orang peserta didik yang terdiri dari 46 orang laki-laki dan 50 orang perempuan," ujarnya.

Siswa MTsN 1 Kota Payakumbuh yang mengikuti SNPDB MANIC ini merupakan siswa yang lulus seleksi administrasi menyangkut nilai rapor dan kelengkapan administrasi lainnya di tingkat madrasah.

MTsN 1 Kota Payakumbuh, menfasilitasi semua pendaftaran siswa yang ingin mengikuti SNPDB MANIC dan MAN PK, siswa hanya menyiapkan akun untuk pendaftaran. Pendaftaran dilakukan secara kolektif oleh pihak madrasah dengan menggunakan akun masing-masing siswa.

Dari 50 orang siswa MTsN 1 Kota Payakumbuh yang mendaftar ke MAN IC seluruhnya dinyatakan lulus seleksi administrasi dan berhak mengikuti tes yang dilaksanakan sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan. Seleksi yang diadakan pada Sabtu dan Minggu (27 dan 28 Februari 2021) dilakukan secara daring, menggunakan CBT (computer based test) yang juga difasilitasi oleh MTsN 1 Kota Payakumbuh. Tes dilaksanakan dilabor komputer 1 yang didampingi oleh beberapa orang guru yang juga merupakan operator komputer MTsN 1 Kota Payakumbuh.

Kepala madrasah, Hj. Ermita selalu memotivasi siswa MTsN 1 untuk berebut peluang melanjutkan pendidikan di MAN IC Padang Pariaman, disamping dapat memperdalam pengetahuan agama dan pengetahuan umum yang sudah diperoleh selama belajar di MTsN 1 Kota Payakumbuh, juga dapat melatih kemandirian dan belajar bersosialisasi dengan kehidupan asrama.

Hj. Ermita juga berharap semoga siswa MTsN 1 Kota Payakumbuh yang ikut seleksi SNPDB MANIC dan MAN PK berhasil lulus dan memiliki peluang untuk melanjutkan pendidikan ke MAN IC dan MAN PK. (NOVI)