MTsN 4 Pasaman Tanamkan Nilai Demokrasi Melalui Pilkasim

MTsN 4 Pasaman Tanamkan Nilai Demokrasi Melalui Pilkasim

Bonjol--Humas Setelah melewati serangkaian proses kampanye beberapa waktu yang lalu, selanjutnya MTsN 4 Pasaman melaksanakan Pilkasim  (Pemilihan Ketua OSIM) untuk periode 2021 bertempat di halaman MTsN 4 Pasaman, Selasa (2/3). Dengan menggunakan bilik suara sebanyak 3 buah, pemungutan suara melibatkan seluruh siswa, majelis guru, dan pegawai MTsN 4 Pasaman digelar dengan tetap mematuhi protokol kesehatan

Pada pemilihan OSIM kali ini, dari visi dan misi yang telah disampaikan pada saat kampanye, terpilih 3 pasang calon terkuat yang berhak mengikuti proses debat bersama majelis guru. Pasangan Nomor urut 1 digawangi oleh Jihan Rihhadatul Haq dan Nada Royya, Nomor urut 2 Helga Perwara Rafdi dan Suci Ramadhani, serta nomor urut 3 Gema Mardinas dan Francois Raditia Amsal.

Pembina OSIM MTsN 4 Pasaman, Erma Ilasmi menyatakan bahwa pemilu untuk OSIM ini bertujuan untuk membiasakan siswa belajar berdemokrasi.

"Kita melatih siswa untuk belajar cara-cara berdemokrasi dalam pemilu. Sebelum punya hak suara saat berumur 17 tahun nanti, sedari dini siswa harus dibiasakan belajar untuk menggunakan hak pilihnya. Sebelum melakukan pencoblosan, mereka juga diberi tahu langkah-langkah saat menggunakan hak suara mereka agar bisa dihitung. Siswa juga diajarkan untuk tidak golput dan bagaimana cara memilih yang benar" papar wanita berkacamata ini.

Senada dengan itu, Kepala MTsN 4 Pasaman Hj.Raflis juga menguatkan bahwa selain melatih siswa berdemokrasi, ajang pilkasim ini juga membentuk jiwa kepemimpinan pada siswa.

"Masing-masing mereka kelak berpotensi jadi pemimpin. Jadi bakat itu kita asah dari sekarang. Disamping itu, kegiatan ini juga bagian dalam pelajaran KWN yang telah mereka pelajari. Jika selama ini mereka hanya mendapatkan materi, hari ini mereka coba mengimplementasikan materi yang telah mereka pelajari lewat pemilihan OSIM" pungkas wanita berparas manis itu. (arya)