Jamaah Haji Kabupaten Agam Dapatkan Layanan Eazy Passport

Jamaah Haji Kabupaten Agam Dapatkan Layanan Eazy Passport
Jamaah Haji Kabupaten Agam Dapatkan Layanan Eazy Passport
Jamaah Haji Kabupaten Agam Dapatkan Layanan Eazy Passport
Jamaah Haji Kabupaten Agam Dapatkan Layanan Eazy Passport

Agam, Humas--Jamaah Haji asal Kabupaten Agam mendapatkan layanan percepatan pengurusan dokumen melalui program Eazy Passport yang dilaksanakan oleh Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Agam pada hari Senin (01/03) di Kantor Pelayanan Siskohat (Sistem Komputerisasi Haji Terpadu) Kantor Kementerian Agama Kabupaten Agam, Belakang Balok Bukittinggi.

Pengelola Data Keimigrasian Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Agam, Adrian ketika ditemui di tengah kesibukan melayani para jamaah haji menyampaikan bahwa Eazy Passport merupakan sebuah program yang digagas oleh Direktorat Jenderal Imigrasi Kementerian Hukum dan HAM RI untuk memenuhi kebutuhan masyarakat di tengah-tengah pandemi Covid-19, khusus untuk permohonan paspor baru dan penggantian habis berlaku.

Adrian juga menyampaikan bahwa program Eazy Passport yang dilaksanakan berdasarkan permohonan dari sebuah komunitas, baik itu kantor pemerintahan atau swasta, lembaga masyarakat ataupun kompleks perumahan ini merupakan sebuah program yang bertujuan untuk menghindari kerumunan yang terjadi di Kantor Imigrasi untuk mencegah penyebaran Covid-19 serta untuk memudahkan masyarakat dalam pengurusan passport, sehingga masyarakat yang membutuhkan layanan tersebut tidak perlu bepergian jauh ke Kantor Imigrasi, cukup berada di lingkungan terdekatnya.

Selanjutnya, Pengelola Data Keimigrasian mengungkapkan bahwa pelaksanaan program Eazy Passport bagi Jamaah Haji Kabupaten Agam di Kantor Pelayanan Siskohat ini adalah atas permohonan yang disampaikan oleh Kantor Kementerian Agama kabupaten Agam melalui Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umrah kepada Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Agam sebelumnya sehingga pihak Kantor Imigrasi berkenan melaksanakan Eazy Passpor di Kantor Pelayanan Sikohat ini.

Kepala Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kantor Kementerian Agama Kabupaten Agam, Zulkarnain Batubara mengungkapkan bahwa terdapat 27 orang jamaah haji dari keseluruhan jamaah haji Kabupaten Agam tahun ini yang berjumlah 430 orang yang mengikuti program Eazy Passpor karena wajib memperpanjang paspor atau penggantian habis berlaku pasppor.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Agam, H. Edy Oktafiandi saat ditemui menyampaikan apresiasi untuk seksi PHU yang terus melakukan inovasi pelayanan haji melalui kerja sama yang baik dengan pihak Kantor Imigrasi sehingga pelayanan pengurusan paspor dapat dilakukan di Kantor Pelayanan Siskohat dan jamaah Kabupaten Agam memiliki akses yang dekat dan mudah.

Kakankemenag Kabupaten Agam berharap ke depan kiranya seksi PHU melakukan terobosan dan inovasi pelayanan haji sehingga masyarakat merasa puas dan jumlah pendaftar haji pun semakin meningkat.

Pelaksanaan program Eazy Passport di Kantor Pelayanan Siskohat Kementerian Agama Kabupaten Agam dalam proses penyelesaian paspor ini turut ditinjau langsung oleh Pengendali Teknis Inspektorat Jenderal Kementerian Agama RI, Nasrullah dan tim yang juga sedang melakukan audit BOS di Kabupaten Agam.

Program Eazy Passport di Kantor Pelayanan Siskohat Kementerian Agama Kabupaten Agam ini juga merupakan pertama kalinya Kantor Imigrasi melaksanakan pelayanan dengan Eazy Passport di kantor pemerintah sehingga mendorong tim dari Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Provinsi Sumatera Barat melakukan peninjauan atau monitoring secara langsung proses penyelesaian paspor ini. Syef