Semangat E-Learning Di MTsN 5 Kota Padang

Semangat E-Learning  Di MTsN 5 Kota Padang

Padang, Humas - MTsN 5 Kota Padang melaksanakan Pelatihan E-Learning bagi seluruh Pendidik yang   diadakan di Aula MTsN 5 Kota Padang, Senin, ( 1/3/2021 )

Dalam  laporan Wakil Kurrikulum Ramadanis menyampaikan  bahwa kegiatan pelatihan ini diikuti oleh 76 orang peserta yang terdiri dari guru PNS dan Honorer.

Pelatihan E- Learning  sesuai  dasar hukum Peraturan Pemerintah terkait Pandemi Covid-19, KMA 183 tentang Kurikulum  Madrasah, KMA 890 tahun 2019 tentang pedoman pemenuhan beban kerja guru madrasah yang bersertifikat pendidik, serta tuntutan teknologi yang mengharuskan guru untuk menguasai IT salah satunya pembelajaran E- Learning.

"Narasumber dari E-Learning ini adalah Hendri Ilham Caniago dari CV. Orbit Technology , Padang. Pelatihan ini merupakan lanjutan dari workshop yang telah kita lakukan di Aula Cafe Suasso beberapa hari yang lalu.E - Learning akan membantu kita untuk mempermudah pembelajaran jarak jauh dan semua keperluan guru sudah tersedia didalamnya. selamat bekerja semoga kita mendapat kemudahan dalam memahaminya," demikian kata Waka Kurrikulum.

Selanjutnya dalam sambutan Kepala Madrasah, Lilis Andriani menyampaikan terima kasih kepada narasumber juga peserta E- Learning yang telah hadir guna mengikuti pelatihan ini.

Dikatakan pula pelatihan tersebut diselenggarakan sebagai salah satu bentuk keprihatinan atas merebaknya wabah  yang sedang melanda seluruh dunia saat ini yaitu Covid-19. Perkembangan tehnologi informasi dan komunikasi telah membawa perubahan besar bagi kemajuan pendidikan. Seiring dengan perkembangan tersebut metode pembelajaran juga banyak mengalami perkembangan , baik metode pembelajaran  secara personal, juga media pembelajaran. Ditengah wabah Covid-19 belakangan ini masyarakat harus berimigrasi dari cara manual  ke media digital dalam kehidupan sehari hari khususnya pada sektor pendidikan.

Ia menyebutkan E-Learning merupakan sebuah inovasi yang mempunyai kontribusi sangat besar terhadap perubahan proses pembelajaran, dimana proses belajar tidak lagi hanya dengan mendengarkan uraian materi  dari guru saja, namun  siswa juga melakukan kegiatan pembelajaran dimana saja dan kapan saja.

"Dengan adanya perubahan metode pembelajaran guru berusaha memperbaiki kualitas pendidikan  semakin baik, meningkatkan dan mengembangkan pengetahuan serta wawasan tentang prinsip pedagogi secara online," ulasnya.

Melihat pentingnya pelatihan ini maka kepada seluruh peserta, Kepmad berharap untuk dapat memanfaatkan kesempatan dengan sebaik -baiknya, dan tidak malu untuk bertanya jika nantinya dalam kegiatan Pelatihan tersebut ada hal-hal yang tidak dimengerti.

"sehingga pada akhirnya pelatihan ini pun dapat berjalan dengan dinamis dan ketika kegiatan ini telah selesai maka  diharapkan untuk dapat mengembangkan pembelajaran melalui E-Learning ini sehingga dapat menunjang proses pembelajaran secara daring melalui media E-Learning dan mengaplikasikannya dalam pembelajaran kedepannya," tutup Kepmad.(ST/SM) *rzk